Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiap Hari Makam Habib Ja’far Alkaff Tak Pernah Sepi dari Peziarah

MURIANEWS, Kudus – Makam Habib Ja’far bin Muhammad Alkaff di Pemakaman Muslim Ploso, Kudus, tiap hari tak pernah sepi dikunjungi peziarah dari berbagai daerah dan kalangan.

Dari pantauan MURIANEWS, Rabu (6/1/2021), para peziarah silih berganti berdatangan untuk mendoakan almarhum Habib Ja’far Alkaff.

Bahkan, peziarah nampak ada yang meneteskan air mata ketika berdoa di area pemakaman ulama tersebut.

Salah seorang petugas kebersihan di Makam Muslim Ploso Mulyani mengatakan, semenjak almarhum Habib Ja’far dikebumikan, peziarah selalu bergantian datang ke lokasi pemakaman. Ada yang rombongan, ada juga yang datang sendirian.

Ngantos jam 03.00 WIB pajar tasih wonten sing ziarah ting makam Bib Ja’far (Sampai jam 03.00 WIB dini hari juga masih ada yang ziarah ke makam). Bisa dibilang 24 jam,” katanya.

Bahkan ia menyebut, peziarah yang datang bukan hanya dari warga Kudus saja. Seperti dari Demak, Pati, Jepara, hingga Semarang ada yang beziarah. Pihaknya juga ikut senang mendapatkan kabar bahwa makam Bib Ja’far akan segera dibangun.

“Peziarahnya itu campur. Kemarin tak tanya ada yang dari Dawe Kudus, Demak, dan Semarang. Saya ikut senang kalau memang mau di-kijing, untuk menghormati ulama besar. Ini spesial, karena sebelumnya memang tidak di perbolehkan,”ucapnya.

Baca: Dapat Dukungan dari Sejumlah Ulama, Makam Habib Ja’far Alkaff Akan Segera Dibangun

Sementara Nur Khamim, santri Pondok Pesantren Darul Furqon yang datang bersama kedua temanya menyatakan tujuan ziarah ke makam Habib Ja’far untuk mendoakan ulama kharismatik tersebut.

Wingi kan dereng saget nderek takziah pas nguburke, (kemarin belum bisa ikut takziah waktu dikebumikan), jadi ya baru sekali ini ziarah berdoa dan ngalap berkahipun. Karena Bib Ja’far itu sosok ulama besar yang menjadi panutan,” tandas warga Kabupaten Purworejo itu.

Diketahui, Habib Ja’far bin Muhammad Alkaff Habib wafat di RS Tentara Kesdim IV Samarinda Jumat (1/1/2020). Jenazahnya, kini telah dikebumikan di Pemakaman Muslim Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...