Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pertahankan Emas Porprov, IKASI Kudus Kontrak Pelatih Lisensi Internasional

MURIANEWS, Kudus – Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kudus saat ini telah mengontrak pelatih berlisensi nasional dan internasional. Langkah itu diambil oleh IKASI Kudus guna mempersiapkan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) akhir Januari 2020 ini.

Selain itu, tujuan lainnya untuk mempertahankan dua medali emas di Pekan olahraga provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2022 mendatang.

Ketua Harian Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kudus Wahyudi Purnomo mengatakan, pihaknya mengontrak pelatih guna mempersiapkan Pelatda sekaligus mengemban misi mempertahankan dua medali emas di Porprov Jawa Tengah. Namun, dia tidak bisa menyebutkan nama pelatih yang sudah dikontrak itu.

“Kalau namanya belum bisa saya sampaikan. Yang jelas beliau pemegang lisensi nasional dan internasional. Kami kontrak setahun dan kami lihat juga progres atlet di bawah program latihan beliau seperti apa,” katanya, Rabu (6/01/2020).

Untuk Pelatda nantinya akan digelar di aula SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Sementara ini ada 12 atlet masing-masing dari nomor pertandingan floret, sabel, dan degen yang diproyeksikan mengikuti Pelatda. Jumlah atlet yang akan mengikuti Pelatda direncanakan ada 18 atlet.

“Sebenarnya ada 24 slot atlet yang terbagi di enam regu. Dengan masing-masing regu diisi empat atlet. Tiga inti satu cadangan. Tapi untuk keefektifan mengingat saat ini masih pandemi kami hilangkan cadangannya. Sehingga 18 atlet saja rencananya,” terang Wahyudi Purnomo.

Ditanya soal lawan berat di Porprov nanti, Yudi-sapaan akrab Wahyudi menyampaikan masih buta kekuatan lawan. Hal itu lantaran di sepanjang 2020 tidak ada kompetisi adu pedang.

“Kalau ditanya paling berat mana kami masih buta kekuatan lawan karena di 2020 tidak ada turnamen. Sehingga kami tidak bisa memantau. Tapi kalau berpedoman pada 2019, daerah Solo dan Kendal masih berpotensi menjadi batu sandungan,” ujarnya.

Empat tahun silam di gelaran Porprov Jateng 2018 di Solo, kontingen atlet anggar Kudus menyabet dua medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.

“Harapan kami persiapan Pelatda dapat berjalan lancar. Sehingga dapat maksimal mempertahankan target dua medali emas di Porprov Jawa Tengah 2022,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...