Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dapat Dukungan dari Sejumlah Ulama, Makam Habib Ja’far Alkaff Akan Segera Dibangun

MURIANEWS, Kudus – Meninggalnya ulama kharismatik asal Kudus Habib Ja’far bin Muhammad Alkaff meninggalkan duka yang begitu dalam bagi keluarga, santri, dan masyarakat dari berbagai kalangan. Jenazah Habib Ja’far dimakamkan di Tempat Pemakaman Muslim di Desa Ploso, Jati, Kudus.

Kini pihak keluarga merencanakan akan membangun dengan pengkijingan dan pemberian atap terhadap makam Habib Ja’far. Rencana ini juga disebut mendapat dukungan dari sejumlah ulama.

“Makam Bib Ja’far nanti mau dibuatkan atap dan lantai berukuran 6×6 meter. Biar peziarah nanti bisa nyaman saat berziarah ke makam beliau” kata perwakilan keluarga, Habib Muhammad Alwi Baagil, Rabu (6/1/2020).

Bib Muh, sapaan akrabnya menyatakan rencana pengkijingan tersebut merupakan arahan dari Habib Luthfi bin Yahya kepada Habib Bidin (Adik Bib Ja’far) bahwa makam Bib Ja’far harus dibenahi. Sebab Habib Ja’far Alkaff dianggap sebagai wali dan aset nasional.

“Kemarin Gus Baha’ juga menyarankan hal serupa, untuk pengkijingan makam Bib Ja’far. Kami kemarin sudah koordinasi, pihak desa, tokoh masyarakat dan yayasan makam, sudah diizinkan dan menyambut baik rencana kami,” ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mempersilahkan makam Habib Ja’far bisa dijadikan sebagai salah satu wisata reliji yang ada di Desa Ploso. Pihak yayasan makam juga diizinkan menyediakan kotak amal dan bisa dipergunakam untuk kepentingan makam.

“Silahkan jika ada kotak amal, tapi tidak dimanfaatkan oleh keluarga. Silahkan digunakan untuk kepentingan makam,” jelasnya.

Baca: Kisah Habib Ja’far Alkaff yang Prediksi Masa Depan Gus Dur Jadi Presiden

Mengenai waktu pembangunanya, kini pihak keluarga baru mendesain kontruksi atap yang akan digunakan untuk makam. Namun, untuk pengkijinganya akan dilakukan secara bertahap.

“Begitu desain atap jadi, kami segera mulai pembangunan. Untuk pengkijinganya kemungkinan masih lama. Pihak keluarga yang akan membangun makam tersebut,” terangnya.

Masyarakat pun diharapkan bisa menerima pembangunaan makam Habib Ja’far bin Muhammad Alkaff. Sebab, sebelumnya makam Ploso memang tidak diperbolehkan untuk mengkijing makam. Selain itu, pihaknya berharap agar pagar di area makam Ploso bisa dibangun lebih baik lagi.

“Masyarakat diharapkan bisa menerima itu, sebab beliau waliyullah yang istimewa. Pemerintah juga kami harapkan bisa membantu merapikan pagar makam, agar ada pembatas antara makam dengan rumah warga,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...