Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sempat Kewalahan, Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 Pati Ditambah

MURIANEWS, Pati – Tim pemakaman jenazah Covid-19 yang sebelumnya ada ada dua tim, saat ini mulai ditambah. Penambahan pun dilakukan di masing-masing eks kawedanan untuk lebih mudah dan cepat dalam proses pemakaman.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, penambahan sudah dilakukan. Bahkan hari ini adalah hari terakhir untuk pengumpulan berkas bagi relawan kenanusian yang ingin bergabung menjadi tim pemakaman Covid-19.

“Masing-masing eks kawedanan, yakni Kawedanan Tayu, Juwana, Jakenan, Kayen, dan Pati terdari minimal delapan orang dalam setiap tim,” ungkapnya, Rabu (6/1/2021).

Kemudian relawan diperbolehkan dari unsur TNI, Polri, Satlinmas, Karang Taruna, tenaga kesehatan dan unsur masyarakat lain yang bersedia dan terpanggil untuk mengabdi pada tugas kemanusiaan. Nantinya tim akan langsung diakomodir oleh camat masing-masing.

“Untuk honor, sama dengan dua tim yang sebelumnya sudah ada. Tiap tim mendapat Rp 2,4 juta untuk setiap pemakaman. Untuk pencairannya minimal 20 kali pemakaman,” imbuhnya.

Sekali pun tim tersebut adalah baru, tetapi nanti secara langsung diformalkan oleh Bupati Pati Haryanto. Bahkan nantinya akan diberikan Surat Keputusan (SK) secara legal dan resmi.

Penambahan tim pemakaman ini lantaran sebelumnya dua tim yang ada cukup kewalahan. Lantaran tingkat kematian Covid-19 terkadang tinggi, terkadang juga landai.

“Pada saat tinggi ini, mereka kewalahan. Selesai ngurus satu pemakaman, pindah lagi untuk memakamkan jenazah yang lain. Mereka bergerak terus. Kalau setiap eks kawedanan ada timnya sendiri, nanti kan lebih enak,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...