Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siap-Siap! Tahun Ini Polres Jepara Bakal Terapkan Tilang Elektronik

MURIANEWS, Jepara – Para pengguna jalan di Kabupaten Jepara harus semakin tertib dalam berlalulintas. Pasalnya mulai Tahun 2021 ini, Polres Jepara sudah akan menerapkan Tilang Elektronik (e-tilang), sebagai penindakan bagi pelanggar lalu lintas.

Dalam waktu dekat ini, Satlantas Polres Jepara akan melakukan kerjasama dengan Dinas Perhubungan Jepara, terutama terkait dengan prasarana penunjang kegiatan Tilang Elektronik ini.

Kapolres Jepara AKBP Aris Yunarko menyatakan, penerapan Tilang Elektronik ini diharapkan bisa semakin mendisiplinkan masyarakat dalam berlalulintas. Dalam penerapannya nanti, Polres Jepara dan Pemkab Jepara akan memanfaatkan kamera CCTV yang sudah terpasang di sejumlah titik jalan di Jepara.

Nantinya, setiap pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera CCTV akan tercatat dalam sistem yang sudah disiapkan. Melalui pelat nomor yang terindentifikasi, surat tilang kemudian akan diantar ke alamat pelanggar lalulintas tersebut.

“Jika surat tilang yang sudah dikirim tidak segera diurus sampai jangka waktu yang telah ditetapkan. Maka penyelesaiannya adalah pada saat yang bersangkutan mengurus perpanjangan STNK. Jika tidak diselesaikan maka prosesnya tidak akan dilayani. Jadi harus diselesaikan dulu perkara tilangnya,” ujar AKBP Aris Yunarko, Selasa (5/1/2021).

Rencana penerapan Tilang Elektronik sendiri sebelumnya sudah disiapkan sejak beberapa tahun lalu oleh Polres Jepara. Pada tahap awal Satlantas Polres Jepara mulai merintis didirikannya Traffic Management Centre (TMC).

Tahun 2020 lalu, fasilitas TMC sudah siap untuk dioperasikan, termasuk di dalammnya menyangkut kesiapan sistem jaringan online-nya. Polres Jepara tinggal mendapatkan izin untuk bisa mengakses kamera-kamera CCTV yang saat ini sudah dipasang oleh Dishub Kabupaten Jepara.

“Kami juga memasang beberapa kamera CCTV, disisi lain Pemkab Jepara juga memilikinya. Jadi nanti akan kami gabungkan dalam satu sistem agar bisa digunakan untuk mendeteksi pelanggar lalu lintas,” tambah AKBP Aris Yunarko.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...