Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nakes yang Akan Divaksin Covid-19 di Pati Mulai Didata

MURIANEWS, Pati – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati sudah melakukan pendataan terkait tenaga kesehatan (nakes) yang nantinya akan menerima vaksin Covid-19. Apalagi, diketahui vaksin tersebut sudah sampai di Jawa Tengah untuk kemudian didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada DKK Pati Joko Leksono mengatakan, pendataan sudah dilakukan dari fasilitas kesehatan yang ada di masing-masing puskesmas. Selain itu juga dilakukan di rumah sakit seluruh Kabupaten Pati.

Dari pendataan itu, nantinya akan dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) yang keberadaannya terpusat. Sehingga, nanti nakes yang akan mendapatkan vaksinasi, bisa diakses melalui aplikasi SDMK tersebut.

“Semua nama sudah kami setorkan ke sana (SISDMK) secara nasional. Sistemnya by name. Dengan begitu sudah diketahui siapa kira-kira yang dapat vaksinasi. Sementra ini memang khusus nakes dulu,” ungkapnya, Selasa (5/1/2021).

Alasannya, lanjutnya, para nakeslah yang akan memvasinasi masyarakat. Dengan menjadi prioritas, harapannya di kalangan masyarakat tidak timbul ketakutan akan tertular Covid-19.

“Nakes yang sudah divaksinasi ini kemudian akan ditugaskan kembali di wilayah  kerjanya. Milsanya di Tayu, maka mereka akan kembali ke Tayu untuk memberikan vaksin kepada masyarakat. Tentunya harus sesuai dengan alamat domisili dan nomor induk kependudukan,” imbuhnya.

Sementera Kepala DKK Pati Edi Siswanto mengaku belum mengetahui secara pasti kuota untuk viksinasi di Bumi Mina Tani. Akan tetapi pihaknya sudah membentuk tim untuk vaksinasi yang berada di puskesmas.

“Kalau arahannya yang mendapatkan vaksinasi tahap pertama adalah nakes. Kemudian selanjutnya adalah penduduk yang berusia 18 sampai dengan 59 tahun,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...