Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Korban Banjir Kudus Mulai Terserang Penyakit, Puskesmas Jati Beri Pengobatan Gratis

MURIANEWS, Kudus – Korban banjir akibat jebolnya tanggul Kali Gelis Kudus mulai terserang berbagai penyakit. Kebanyakan dari mereka terserang penyakit gatal-gatal lantaran air banjir yang kotor sudah menggenangi permukiman.

Ini diketahui dari pengobatan gratis yang digelar Puskesmas Jati di daerah terdampak banjir di Dukuh Goleng, Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus, Senin (4/01/2020). Dari pengobatan gratis itu, kebanyakan warga mengeluhkan gatal-gatal.

Dari total 54 warga yang memeriksakan kesehatannya, keluhan gatal-gatal paling banyak. Jumlahnya 24 orang. Sisanya memiliki keluhan mialgia, hipertensi, ISPA, dan diare.

“Mayoritas yang periksa itu yang terisolir. Usianya sekitar 20 sampai 60 tahun. Kalau untuk anak-anak, bayi, dan ibu hamil sudah diungsikan beberapa waktu lalu,” kata Kepala Puskesmas Jati Ahmad Muhammad, Senin (4/01/2020).

Ahmad menyebut, pihaknya memang sengaja jemput bola karena wilayah terdampak sulit diakses dan terisolir.

“Untuk menuju ke sana tadi kami dengan enam tenaga medis dari Puskesmas Jati. Supaya bisa memberikan pengobatan,” ujarnya.

Baca: Warga Karangturi Kudus Masih Terisolir Banjir Jebolnya Tanggul Kali Gelis

Selain memberikan pengobatan gratis, pihaknya bersama tenaga kesehatan juga mengecek sumber air rumah tangga terkait kebersihannya.

Selain itu, mengingat saat kondisi yang masih pandemi, Ahmad berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk warga yang terdampak banjir supaya tetap disiplin dengan menjalankan protokol kesehatan 3M,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...