Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Karangturi Kudus Masih Terisolir Banjir Jebolnya Tanggul Kali Gelis

MURIANEWS, Kudus – Banjir akibat jebolnya tanggul Kali Gelis di Dukuh Goleng, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati Kudus pada Jumat (1/1/2021) lalu Senin (4/1/2021) hari ini sudah berangsur surut.

Meski demikian, ribuan warga di Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu yang berdekatan dengan Dukuh Goleng hingga kini masih terisolir.

Hal tersebut dikarenakan genangan air masih menutup satu-satunya akses menuju dukuh tersebut. Belum dengan sawah-sawah padi yang gagal panen akibat limpasan air dari jebolnya tanggul tersebut.

Kepala Desa Setrokalangan Didik Handono merincikan, ada sebanyak 1.100 warga Dukuh Karangturi yang masih terisolir karena adanya genangan di jalan utama. Sementara di Dukuh setro, sudah ada sebanyak 80 persen rumah yang terendam air.

Mereka yang rumahnya terendam, kata dia, saat ini mengungsi di rumah kerabat atau tetangga yang rumahnya tidak kemasukan air.

“Walau sudah surut, tapi masih ada yang merendam dalam rumah warga,” ujar dia Senin (4/1/2021).

Sementara untuk lahan pertanian yang tergenang, pihaknya mencatat ada sekitar 35 hektare areal persawahan Desa Setrokalangan yang terendam banjir. Mayoritasnya adalah tanaman padi dan dipastikan mengalami gagal panen.

“Karena baru masuk masa awal pembuahan jadi pasti puso,” lanjut dia.

Hanya, sambung Didik, dinas terkait akan memberikan asuransi untuk padi-padi yang gagal panen tersebut.

Diketahui, tanggul Kali Gelis di Dukuh Goleng, jebol pada Jumat (2/1/2021) malam. Atau tepatnya sekitar pukul 23.00 WIB.

Air, kemudian menggenangi sekitar wilayah Dukuh Goleng, Dukuh Karangturi, dan Setro di Desa Setrokalangan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Budi Waluyo menjelaskan, jebolnya tanggul dikarenakan derasnya arus di Sungai Gelis. Ditambah dengan hujan yang menyambangi Kabupaten Kudus beberapa hari lalu.

Selain itu, banyaknya lubang tikus di area tanggul diduga jadi penyebab jebolnya tanggul.

Pemkab Kudus sendiri menyiapkan dua tempat pengungsian untuk warga. Yakni di TPQ Khurriyatul Fiqri dan SMP Muhammadiah Pasuruhan Lor. Namun banyak warga yang mengungsi lebih memilih tinggal di kerabat daripada di pengungsian.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...