Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bisa Memecah Droplet Jadi Microdroplet, PKL Dianjurkan Tak Pakai Masker Scuba

MURIANEWS, Kudus – Para pedagang kaki lima (PKL) di Kabupaten Kudus diimbau untuk tidak mengenakan masker scuba. Terlebih ketika tengah memasak masakan yang akan disajikan pada pembeli.

Alasannya, adalah karena masker berbahan dasar kain satu lapis tersebut tak ampuh dalam menghalau droplet apabila pemakainya batuk ataupun bersin.

“Justru masker scuba bisa memecah droplet menjadi microdroplet dan bisa saja menyebar ke makanan yang tengah disajikan” ucap dokter umum Rumah Sakit Aisyiah Kudus dr Tony Hartanto saat memberikan sosialisasi pada PKL Samparan Poncorejo, di Mejobo, Minggu (3/1/2021) malam.

Walau dianjurkan tak memakai masker kain berjenis scuba, para PKL bisa memakai masker kain tiga lapis. Masker dengan jenis itu dianggap masih efektif untuk mencegah penularan lewat droplet.

“Tidak perlu memakai masker medis, cukup masker tiga lapis saja sebenarnya sudah efektif asalkan pemakaianya benar,” sambung dia.

Untuk mengukur seberapa efektif masker yang dipakai, Tony menyarankan untuk mencoba meniup api lilin dengan menggunakan masker yang dipakai. Jika nyala api lilin tidak bergerak, maka masker tersebut bisa dibilang sudah efektif.

“Jika apinya bergerak atau malah mati, berarti masih ada potensi penularan karena masih adanya celah,” tambahnya.

Sementara terkait penggunaan face shield, apabila digunakan maka semakin lebih baik lagi. Karena sejatinya, lanjut dia, face shield bertujuan untuk menyempurnakan pencegahan penularan melalui droplet.

“Droplet tidak akan menembus benda padat, jadi makin baik jika mengenakan,” katanya.

Tony pun menambahkan, semakin patuh pedagang akan penerapan protokol kesehatannya, maka menjadi poin tambah tersendiri bagi para pembeli.

“Mereka bisa meyakinkan jika dagangannya itu aman karena telah menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PKL Samparan Poncorejo Kudus, Yuliatno Setyawan berharap rekan-rekan PKL bisa terhindar dari Covid-19. “Harapannya rekan-rekan PKL bisa terhindar dari Covid-19,” harapnya.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...