Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sungai Meluap, Ratusan Sawah di Grobogan Terendam Air

MURIANEWS, Grobogan – Kesedihan mendalam dirasakan sebagian petani di wilayah Kecamatan Godong, Grobogan. Hal ini, menyusul terendamnya tanaman padi akibat meluapnya sungai Lusi.

Akibat kejadian ini, para petani terancam gagal panen. Plt Kepala Dinas Pertanian Grobogan Sunanto mengungkapkan, dari pendataan yang dilakukan, areal sawah yang terdampak luapan Sungai Lusi tersebut berada di empat desa di Kecamatan Godong.

Yakni, Desa Klampok 156 hektare, Desa Bringin 35 hektare, Desa Godong 40 hektar, dan Desa Harjowinangun 7 hektare.

“Total sawah yang terendam banjir sekitar 238 hektare. Semua areal sawah seluas ini ada tanaman padinya yang berumur 35 sampai 40 hari,” jelasnya, Sabtu (2/1/2021).

Dijelaskan, tanaman padi yang terendam tersebut kemungkinan sangat sulit terselamatkan. Soalnya, kondisi tanaman sudah terendam air sekitar tiga hari.

“Sudah tiga hari tanaman terendam dan sampai hari ini belum ada tanda-tanda kalau airnya akan surut. Dengan kondisi ini maka tanaman padinya kemungkinan besar terancam puso,” sambungnya.

Sunanto menambahkan, sebagian besar areal sawah yang kebanjiran itu ternyata sudah diikutkan dalam program asuransi pertanian.

Oleh sebab itu, pihaknya juga ikut membantu para petani yang terdampak banjir agar bisa segera mendapatkan klaim asuransi.

“Ini, mereka akan kita bantu untuk bisa mendapatkan klaim asuransi. Bagi petani yang belum ikut asuransi, akan kita upayakan untuk bisa mendapatkan bantuan,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...