Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kisah Habib Ja’far Alkaff yang Prediksi Masa Depan Gus Dur Jadi Presiden

MURIANEWS, Kudus – Habib Ja’far Alkaff, Jumat (1/1/2021) wafat di Samarinda, dan Sabtu (2/1/2021) ini dimakamkan di Pemakaman Islam Ploso, Kudus. Semasa hidup, Habib Ja’far dikenal sebagai ulama yang eksentrik dan bisa memprediksi peristiwa dengan tepat.

Salah satunya bisa memprediksi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjadi seorang presiden. Kisah ini disampaikan Habib Muhammad Alwi Ba’aqil, di sela-sela proses pemakaman Habib Ja’far Alkaff di Makam Ploso.

Habib Ba’aqil yang saat itu datang sebagai wakil keluarga almarhum mengatakan, Habib Ja’far memiliki kelebihan tersendiri.

“Sejak masih kecil itu sudah mulai terlihat (keistimewaan Habib Ja’far). Tapi di mata orang itu melihat Habib Ja’far seorang yang mungkin aneh dan keterbelakangan. Padahal bisa dibilang memang punya ilmu seperti itu. Bahkan saya katakan ilmunya di atas wali,” katanya, Sabtu (2/01/2020).

Dia menyebut, pernah suatu ketika saat mengantar Habib Ja’far ke tempat Gus Dur, Habib Ja’far menyampaikan bahwa Gus Dur akan jadi presiden.

Habib Muhammad Alwi Ba’aqil menceritakan kisah Habib Ja’far Alkaff. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Padahal saat itu, belum ada tanda-tanda apapun jika Gus Dur akan dipilih menjadi orang nomor satu di negeri ini.

“Saya ngantar dan menemani sendiri waktu ke rumah Gus Dur. Habib Ja’far bilang Gus Dur akan jadi presiden. Saya saat itu setengah percaya dan tidak. Tapi ternyata terjadi beneran. Itu salah satu cerita. Sebenarnya ada banyak,” terangnya.

Baca: Cerita Ganjar Dilarang Makan Anggur dan Diberi Sayap oleh Habib Ja’far Alkaff

Lebih lanjut, Habib Ba’aqil juga menyampaikan usai pemakaman selesai, di rumah duka tidak ada kegiatan tahlilan bagi masyarakat umum. Hal itu untuk mencegah terjadinya kerumunan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Silahkan bubar. Besok-besok bisa datang lagi. Dan saya beritahukan juga bahwa malam nanti tidak ada tahlilan bagi masyarakat umum. Tahlilan hanya dari pihak keluarga. Silahkan mendoakan di rumah masing-masing,” terangnya melalui mikrofon.

Baca: Cerita Pengurus Ansor Kudus yang Tiba-Tiba Didatangi Habib Ja’far Alkaff saat Salat Malam

Hal senada diungkapkan Plt Bupati Kudus HM Hartopo yang saat itu datang ke pemakaman. Ia juga turut mengimbau agar masyarakat mendoakan dari rumah.

Hartopo mengatakan bahwa sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga. Terkait ditiadakannya tahlilan di rumah duka bagi masyarakat umum.

“Untuk tahlilan tidak ada. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga. Untuk masyarakat bisa mendoakan dari rumah. Supaya tidak timbul kerumunan karena masih situasi pandemi,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...