Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jenazah Habib Ja’far Dimakamkan di Ploso Kudus, Sejumlah Jalan Ditutup

MURIANEWS, Kudus – Jenazah ulama asal Kudus Habib Ja’far bin Muhammad Alkaff rencananya dikebumikan di Makam Islam Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus. Jenazah diterbangkan dari Samarinda dan diperkirakan mendarat di Bandara A Yani Semarang siang ini.

Dari Bandara A Yani Semarang jenazah akan diiring ke Kudus mengunakan jalur darat. Untuk menyambut kedatangan jenazah Habib Ja’far, ratusan petugas gabungan dikerahkan.

Sejumlah jalan juga mulai ditutup untuk strerilisasi dan mencegah membeludaknya pelayat.

Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Kudus Mohammad Fatchul Munif mengatakan jenazah rencananya akan dimakamkan siang ini.

“Infonya Pemakaman habis zuhur di Makam Islam Ploso,” katanya, Sabtu (2/01/2020).

Menurutnya, Habib Ja’far merupakan tokoh ulama sekaligus negarawan. Di mata Munif, sosok Habib Ja’far juga merupakan sosok yang santun.

“Bisa dibilang beliau sebagai seorang ulama sekaligus seorang negarawan. Cara dakwahnya juga enak didengar,” ujarnya.

Lebih lanjut, sambil menunggu jenazah tiba di rumah duka, beberapa ruas jalan saat ini ditutup. Hal itu dilakukan untuk melakukan sterilisasi jelang kedatangan jenazah Habib Ja’far.

“Dari semalam beberapa ruas jalan sudah ditutup. Mulai dari Perempatan Bejagan sampai Taman Siswa sudah ditutup,” pungkasnya.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, pihaknya mengerahkan personel gabungan untuk menyekat beberapa titik lokasi di Kudus. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar tidak terjadi kerumunan massa.

“Mohon doanya, agar bisa terkondisi. Karena ini yang meninggal ulama nasional juga, kami kerahkan 500 lebih personel gabungan,” katanya seusai memimpin apel personel gabungan di pendapa Kudus, Sabtu (2/1/2020).

Baca: Personel Gabungan Amankan Pemakaman Habib Ja’far Alkaff di Kudus

Selain melakukan penjagaan di perbatasan kabupaten, pihaknya juga akan melakukan penjagaan mulai di sekitar rumah duka di Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kudus hingga ke tempat pemakaman.

“Kami fokuskan di sekitar rumah duka hingga pemakaman Ploso,” ucapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...