Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jebolnya Tanggul Kali Gelis Kudus Tambah Parah, Lubang Tikus Diduga Jadi Penyebab Awal

 

MURIANEWS, Kudus – Jebolnya tanggul Kali Gelis di Dukuh Goleng, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kudus, Sabtu (2/1/2021) semakin parah. Jebolan tanggul semakin melebar lantaran tingginya debit sungai.

Untuk saat ini, lebaran jebolnya tanggul kini sekitar 20 hingga 25 meter. Dari jebol awal sekitar lima hingga sepuluh meter.

Selain tingginya debit air Kali Gelis dan derasnya curah hujan di Kudus dua hari belakangan, banyaknya lubang tikus di area tanggul diduga jadi penyebab jebolnya tanggul.

“Di area tanggul sebenarnya banyak lubang tikus, lubang yuyu (kepiting sungai) juga. Ini yang mungkin menjadi salah satu faktor penyebab jebolnya tanggul,” ucap Staf BPBD Kudus Agus Hartono, di lokasi, Sabtu (2/1/2021) pagi.

Untuk penanggulangan tanggul jebol sendiri, baru akan dilakukan saat debit air mulai berkurang. “Karena sampai saat ini arus masih deras, kami belum bisa berbuat apa-apa,” sambungnya.

Sampai saat ini sendiri, lanjut dia pihak BPBD masih fokus untuk mengevakuasi warga yang rumahnya tergenang.

Senada, Kepala Desa Pasuruhan Lor Nor Badri mengakui memang banyak lubang tikus di area tanggul. Sehingga sangat dimungkinan air dari kali mengikis tanggul dari lubang-lubang tersebut.

“Ini baru pertama kali terjadi, sebelumnya belum pernah,” ujar dia.

Baca: Tanggul Kali Gelis Kudus Jebol, Akses Jalan Goleng Terputus

Warganya kini juga telah diinstruksikan untuk evakuasi. Terlebih ketika air sudah menggenangi dalam rumahnya.

“Ada juga yang sudah mengevakuasi barang berharga di atas tanggul,” tandasnya.

Diketahui, tanggul Kali Gelis di Dukuh Goleng, Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati jebol kurang lebih sekitar sepuluh meter pada Jumat (2/1/2021) malam. Atau tepatnya sekitar pukul 23.00 WIB.

Air, kemudian menggenangi sekitar wilayah Dukuh Goleng, Dukuh Karangturi, dan Desa Setrokalangan.Untuk wilayah Desa Setrokalangan dan Dukuh Karang Turi, air baru sebatas menggenangi jalan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo menjelaskan, jebolnya tanggul dikarenakan derasnya arus di sungai gelis. Ditambah dengan hujan yang menyambangi Kabupaten Kudus dua hari ini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...