Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tanggul Kali Gelis Kudus Jebol, Akses Jalan Goleng Terputus

MURIANEWS, Kudus – Jebolnya tanggul Kali Gelis di Dukuh Goleng, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus menyebabkan akses jalan masuk ke dukuh tersebut terputus. Puluhan rumah di dukuh Goleng pun mulai tergenang air.

Pantauan di lapangan, satu-satunya akses menuju dukuh tersebut terputus karena derasnya arus air dari jebolnya tanggul.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus juga tampak sibuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam.

Staf BPBD Kabupaten Kudus Agus Hartono mengatakan, pihak BPBD saat ini masih fokus untuk mengevakuasi para warga yang rumahnya tergenang.

“Ada sekitar 20-an lebih, semalam saja sudah ada sepuluh rumah yang tergenang,” kata dia di lokasi Sabtu (2/1/2021) pagi.

Arus air tampak deras mengalir dari jebolnya tanggul Sungai Gelis Dukuh Goleng. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Sementara untuk menutup tanggul yang jebol, sampai saat ini pihaknya belum bisa berbuat banyak.

“Karena arusnya makin deras, kami belum bisa berbuat banyak, untuk sementara kami fokuskan untuk evaluasi,” tandasnya.

Diketahui, tanggul Kali Gelis di Dukuh Goleng, jebol kurang lebih sekitar sepuluh meter pada Jumat (2/1/2021) malam. Atau tepatnya sekitar pukul 23.00 WIB.

Baca: Tanggul Kali Gelis di Goleng Kudus Jebol, Belasan Orang Diungsikan

Air, kemudian menggenangi sekitar wilayah Dukuh Goleng, Dukuh Karangturi, dan Desa Setrokalangan. Untuk wilayah Desa Setrokalangan dan Dukuh Karang Turi, air baru sebatas menggenangi jalan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo menjelaskan, jebolnya tanggul dikarenakan derasnya arus di Sungai Gelis. Ditambah dengan hujan yang menyambangi Kabupaten Kudus dua hari ini.

Hingga berita ini diturunkan, arus air dari jebolnya tanggul masih deras menuju arah pemukiman warga Desa Goleng. Satu unit mobil juga hanyut diterjang arus tanggul jebol.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...