Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

5.335 Orang Terjaring Operasi Prokes di Grobogan Tahun 2020

MURIANEWS, Grobogan – Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan tim gabungan di Grobogan sepanjang tahun 2020 menjaring ribuan pelanggar.

Pelaksanaan operasi yustisi penegakan prokes tahun 2020 tersebut dilaksanakan mulai Oktober hingga akhir Desember.

“Operasi yustisi terakhir tahun 2020, kita laksanakan tadi malam hingga pergantian tahun baru 2021. Lokasi operasinya di alun-alun dan taman kuliner Purwodadi. Hasilnya, ada 88 pelanggar yang kita dapatkan,” jelas Kepala Satpol PP Grobogan Nur Nawanta, Jumat (1/1/2021).

Ia mengungkapkan, dalam kurun waktu tiga bulan tersebut, ada 5.335 pelanggar yang terjaring dalam operasi yustisi tersebut. Rinciannya, pelanggar bulan Oktober ada 664 orang, bulan November ada 2.191 orang, dan bulan Desember ada 2.480 orang.

Setelah didata dan diberi pembinaan, para pelanggar yang terjaring razia ini diberikan teguran lisan hingga menjalani sanksi sosial. Seperti menyapu dan membersihkan sampah, membaca protokol kesehatan, mengucapkan naskah Pancasila, hingga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Selain itu, di antara pelanggar yang terjaring razia diminta menjalani swab test maupun rapid test antigen. Dari hasil swab test maupun rapid test antigen yang kita lakukan, totalnya ada lima pelanggar yang hasilnya positif Covid-19,” jelas mantan Camat Grobogan itu.

Masih dikatakannya, pelaksanaan swab test dilakukan oleh petugas khusus dari Dinas Kesehatan Grobogan yang dilibatkan secara langsung dalam operasi yustisi. Hanya saja, swab test belum bisa dilakukan dalam setiap pelaksanaan operasi yustisi dan dikenakan pada semua pelanggar.

Ia menambahkan, dalam setiap operasi, pihaknya juga membagikan masker pada pelanggar maupun masyarakat sekitar. Sejak Oktober hingga akhir tahun 2020, totalnya sudah ada 4.333 masker yang dibagikan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...