Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kuliner Lezat dan Sehat Rekomendasi Ketua Chef Muria untuk Malam Tahun Baru

MURIANEWS, Kudus – Pergantian tahun baru kali ini lebih aman dirayakan di rumah. Sebab, tak elok rasanya ketika harus berkumpul di luar karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Memasak dan menyantap makanan bersama keluarga di rumah bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan malam tahun baru.

Ketua Chef Muria Kudus, Totok Sunarto merekomendasikan beberapa kuliner sehat yang dapat dimasak dan disantap bersama keluarga di rumah.

Makanan pertama yang direkomendasikan oleh Totok yakni kalkun. Kalkun dipilih lantaran kaya akan manfaat.

“Malam pergantian tahun baru biasanya identik makanan yang ke barat-baratan. Tapi sebenarnya untuk warga Kudus bisa coba kalkun. Karena nonkolesterol dan memiliki gizi yang tinggi,” katanya, Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, kalkun dapat diolah menjadi aneka ragam makanan. Seperti pindang kalkun, rawon kalkun, sate kalkun, dan olahan lainnya.

“Kalkun cocok dikonsumsi karena teksturnya empuk daripada daging walaupun memang lebih keras dari unggas,” terangnya.

Selain kalkun, Totok juga merekomendasikan soto kerbau. Sebab, Soto Kerbau memiliki gizi yang tinggi.

Tak berhenti di situ, Totok juga merekomendasikan kebab. Menurutnya kebab mudah dibuat bersama-sama keluarga. Untuk membuat kebab hanya dibutuhkan bahan baku tepung, susu dan air panas.

“Bagian luar atau kulit kebabnya itu hanya butuh tepung. Tepung juga murah dan bisa dibeli dimana saja. Kalau isiannya tinggal pakai sayuran. Kalau yang mau diisi telur atau daging juga boleh,” jelas Totok.

Lebih lanjut, kebab juga dianjurkan karena tergolong makanan yang sehat. Asalkan, daging yang dipilih sebagai isian bukan daging yang tinggi kolesterol.

Jika ingin makanan yang lebih berat, bisa memilih konsumsi ikan. Boleh dibakar maupun digoreng. Totok merekomendasikan gurami dan kutuk untuk disantap sembari menunggu pergantian tahun.

“Ikan kaya omega 3. Kutuk juga protein albuminnya bagus bagi tubuh. Sehingga cocok dengan kondisi saat ini untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu baik gurami maupun kutuk muda didapat,” terang dia.

Jika ingin mencoba makanan yang tidak berat, Totok menyarankan Korean Sweet Potato yang bahan bakunya dari ketela rambat. Menurut dia konsumen tidak akan kesulitan untuk mendapatkan ketela di Kota Kretek.

“Ketela di Kudus banyak ditemui, jadi bisa dicoba untuk membuat Korean Sweet Potato. Dan Korean Sweet Potato saat ini juga lagi booming-boomingnya,” jelas dia.

Kepada MURIANEWS, Totok memberikan beberapa langkah untuk membuat Korean Sweet Potato. Tahapannya sederhana.

“Cara buatnya ketela dikukus. Terus ditumbuk dan dibuat adonan. Adonannya dibungkus dengan tepung. Setelah itu dioven lima sampai sepuluh menit aja sudah jadi,” ujar dia.

Untuk minuman yang cocok dijadikan pendamping makanan di malam pergantian tahun baru, Totok menyarankan jenis minuman wedangan. Di antaranya wedang jahe, wedang uwuh, dan wedang blung.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...