Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mulai Besok, Kudus Berlakukan Rapid Test Antigen Secara Acak

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan melakukan rapid test antigen baik secara acak bagi masyarakat Kudus ataupun masyarakat luar daerah yang akan memasuki Kudus. Tes antigen tersebut akan diberlakukan mulai Kamis (31/12/2020) besok.

Hal tersebut dikatakan Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (30/12/2020).

“Rencananya besok akan kami mulai rapid antigen secara acak. Bisa di akses masuk Kudus, hingga tempat-tempat yang ramai,” katanya.

Ia menjelaskan, beberapa petugas akan melakukan rapid tes antigen acak dan penjagaan di akses jalan masuk menuju Kudus. Bisa dari Undaan, akses masuk dari Demak, dari Pati, hingga dari Jepara.

“Penumpang bus ataupun mobil pribadi akan kami lakukan rapid antigen. Semisal kami ambil sampel lima orang penumpang bus, ada yang reaktif kami suruh putar balik,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya masih berembuk kembali dengan instansi terkait tentang teknis terbaik pelaksanaan tes acak itu.

“Hari ini nanti kami rapatkan, untuk segera dipastikan. Mana saja yang perlu harus dilakukan tes acak rapid antigen,” imbuhnya.

Terpisah, Plt Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Abdul Aziz Achyar menyatakan, pihaknya sudah menerima sebanyak 400 buah rapid tes antigen dari pemerintah provinsi. Rencananya akan dipakai untuk tes acak saat libur Tahun Baru 2021.

Pihaknya akan mengusulkan tes acak rapid antigen untuk bisa diberlakukan di tempat-tempat ramai seperti mal. Dengan pertimbangan pengunjung mal kebanyakan warga Kudus, dan ketika hasilnya positif akan diminta untuk melakukan isolasi.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...