Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kelompok Tani Tambak Desa Clering Panen Bandeng Bareng Bupati Jepara

MURIANEWS, Jepara – Kelompok Tani Tambak di Clering, Donorojo, Jepara berhasil melakukan panen raya bandeng. Bupati Jepara Dian Kristiandi secara khusus diundang untuk menyaksikan panen raya bandeng ini, Selasa (29/12/2020).

Panen raya ini, merupakan salah bentuk pengembangan kemandirian ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat yang berhasil dilakukan warga .

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Jepara, Wasiyanto menyatakan, hingga November 2020, total produksi bandeng yang dihasilkan di seluruh Kabupaten Jepara adalah mencapai 8.443 ton. Potensi ini, akan terus dikembangkan guna meningkatkan ketersediaan sumber gizi dan protein bagi masyarakat.

Di Clering sendiri ada dua Kelompok Petani Tambak yangbergerak di bidang budidaya bandeng. Dua kelompok tersebut adalah Kelompok Petani Tambah Cemara Indah dan Kelompok Petani Tambak Bakau Jaya.

Dua kelompok petani tambak ini dikenal sangat produktif dalam usaha budidaya bandeng. Hasil produksi mereka biasa dikirim ke Juwana untuk diolah menjadi olahan bandeng yang terkenal, sebagai Bandeng Juwana.

“Di Jepara ada beberapa sentra pembudidayaan bandeng. Diantaranya di Kecamatan Donorojo, dan Kecamatan Kedung. Untuk yang di Kecamatan Kedung, kegiatannya biasanya bergantian dengan usaha produksi garam. Pemkab Jepara tentu akan terus mendorong agar bisa terus berkembang,” ujar Wasiyanto, Selasa (29/12/2020).

Dalam pertemuan dengan Bupati Jepara, para petani tambak bandeng di Clireng menyampaikan beberapa hal. Di antaranya adalah meminta agar Bupati Jepara bisa membantu untuk mengatasi masalah pendangkalan sungai.

Kemudian mereka juga meminta bantuan mesin penyedot pasir dan peningkatan akses jalan sehingga bisa memudahkan kendaraan masuk ke areal tambak mereka.

Bupati Jepara Dian, Kristiandi sendiri dalam kesempatan tersebut, menyatakan sangat mengapresiasi upaya yang dikembangkan masyarakat. Mengenai permintaan warga, pihaknya langsung meminta agar pihak terkait bisa menindaklanjuti keinginan masyarakat tersebut.

Khususnya mengenai permasalahan pendangkalan sungai, Dian Kristiandi meminta agar segera direspon, dan ditindak lanjuti.

Selanjutnya, Dian Kristiandi juga menyebut, Pandemi Covid-19 telah membawa dampak signifikan dan mempengaruhi setiap sendi kehidupan. Tak terkecuali pada sektor perekonomian dan pangan. Untuk itu, diperlukan inovasai baru yang dapat membangkitkan kemandirian ekonomi dan ketangguhan pangan. Seperti halnya, budidaya ikan bandeng yang berhasil dikembangkan warga Clering.

“Banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dan diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan desa. Kita butuh inovasi-inovasi dalam mengembangkan dan memperkuat ketahanan pangan. Seperti halnya sumber pangan berupa ikan bandeng yang kita panen hari ini,” Kata Dian Kristiandi, dalam kesempatan itu.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...