Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Layanan Pocadi Perpusnas Dibuka di Mall Pelayanan Publik Jepara

MURIANEWS, Jepara– Layanan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang merupakan program dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), hadir di Jepara. Layanan Pocadi mulai disediakan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Jepara. Dengan layanan ini diharapkan bisa mendorong peningkatan budaya literasi di masyarakat.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Jepara, Umar Chotob menyatakan, Pocadi ini merupakan sebuah konsep tempat membaca yang memberikan layanan perpustakaan dengan format buku digital (e-book) dan juga layanan buku tercetak.

Program ini merupakan bantuan dari Perpusnas RI. Secara nasional ada 76 perpustkaan yang terpilih mendapatkan bantuan dalam program ini.

“Pocadi merupakan bantuan dari Perpusnas RI yang diberikan kepada 76 perpustakaan terpilih secara nasional. Baik Perpustakaan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Salah satunya adalah Perpustakaan Kabupaten  Jepara yang dinyataan menjadi salah satu penerima bantuan,” ujar Umar Chotob, Selasa (29/12/2020).

Layanan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Jepara diharapkan bisa dijadikan sarana mengembangkan budaya literasi. Masyarakat yang kebetulan datang ke MPP Jepara bisa memanfaatkannya. Fasilitas ini berada di pojok sebelah kiri setelah pintu masuk.

Pada fasilitas ini bisa ditemui puluhan koleksi judul buku yang dipajang rapi. Di sini juga ada beberapa fasilitas penunjang tehnologi dan tempat duduk bagi para pengunjung. Masyarakat yang tengah menjalani proses perijinan bisa memanfaatkannya disaat menunggu proses pengurusan perijinan yang dilakukan.

“Jadi selain buku digital, disitu juga ada buku dalam bentuk cetakan juga. Fasilitas di Pocadi, meliputi satu unit Digital Library Station (DLS), tiga unit komputer untuk akses internet, IPusnas, dan kebutuhan kerja pengunjung Mall Pelayanan Publik. Selain itu, juga terdapat empat unit tablet untuk askses IPusnas dan Games Edukasi,” jelas Umar Chotob.

Keberadaan Pocadi ini juga menjadi bagian dari pelayanan Perputajaan Kabupaten Jepara. Sehingga masyarakat juga diperbolehkan datang meski sebenarnya tidak memiliki keperluan di MPP Jepara.

Perpustakaan Jepara hadir di area publik, sehingga menjadi lebih representatif, modern, dan dapat diakses dengan mudah. Apalagi saat ini perkembangan tehnologi dan kebutuhan informasi membutuhkan layanan yang memadai.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...