Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perda Penanggulangan Penyakit Menular di Kudus Diupayakan Selesai Awal 2021

MURIANEWS, Kudus – Perda penanggulangan penyakit menular di Kudus saat ini belum ada. Kendati terlambat, Perda nantinya diupayakan selesai di awal 2021.

Hal itu diakui oleh Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kudus, Achmad Yusuf Roni dalam live talkshow yang digelar MURIANEWS dengan tema Perda Penanggulangan Penyakit Menular, Perlukah? Senin (28/12/2020) malam.

“Dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah sudah 50 persen pada punya Perda tentang HIV/AIDS maupun Perda tentang penanggulangan penyakit menular lainnya yang tidak hanya HIV/AIDS. Sedangkan di Kudus belum ada,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya di DPRD Kudus sudah menyikapi tentang Perda penanggulangan penyakit menular. Namun, saat itu pihaknya terfokus di HIV dan TBC saja. Belum termasuk Covid-19.

“Perda ini sebenarnya terlambat karena Kami sejak 2017 sudah kami rencanakan Perda penanggulangan penyakit menular. Dan sudah kami ajukan di Ranperda. Tapi saat itu terfokus di HIV dan TBC. Namun, seiring berjalannya waktu ada pandemi. Untuk itu kami bersama Pemkab bersama-sama menyatukan payung hukum terkait penanganan Covid-19 juga,” ujar dia.

Lebih lanjut, sembari menunggu Perda selesai, pihaknya juga menginginkan agar pelajar yang terinfeksi HIV bisa tetap mendapatkan hak belajar di sekolah dan hak pendampingan.

Yusuf Roni juga mengimbau agar tidak melakukan stigma kepada masyarakat yang terinfeksi tanpa melihat penyebab terinfeksi HIV/AIDS.

“Penularan kan tidak serta merta orang yang terkena HIV/AIDS itu suka jajan. Tapi bisa juga ditularkan dari seorang ibu ke anak saat sedang melahirkan. Atau ada faktor lain. Jadi kembali lagi tidak bisa menjustifikasi mereka tertular. Tapi lebih bagaimana kita menangani.

Dia berharap dengan adanya Perda penanggulangan penyakit menular dapat melakukan pencegahan penyakit menular.

“Harapannya ketika nanti Perda penanggulangan penyakit menular ini jadi, bisa mencegah penyakit menular secara maksimal. Dan ini jadi skala prioritas kami agar diselesaikan di awal tahun 2021,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...