Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Angka HIV di Kudus Tahun Ini Menurun, Ini Penyebabnya

MURIANEWS, Kudus – Angka HIV di Kudus tahun ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak melakukan pelayanan. Bukan karena kasus HIV di Kudus yang benar-benar turun.

Penurunan angka HIV tahun ini diulas di live talkshow yang digelar MURIANEWS dengan tema Perda Penanggulangan Penyakit Menular, Perlukah? Senin (28/12/2020) malam.

“Jadi masyarakat tidak melakukan pelayanan karena takut lantaran saat ini sedang masa pandemi. Sehingga lebih memilih tidak melakukan pelayanan. Alhasil angka HIV di Kudus tahun ini lebih sedikit daripada tahun lalu,” kata Case Manager HIV-AIDS Kab Kudus, Eni Mardiyanti.

Menurut Eni, jumlah angka HIV di 2020 ada 127 kasus. Jumlah itu menurun dari tahun 2019 dengan angka 154 kasus.

“Jadi angkanya turun bukan karena memang kasusnya turun. Tidak seperti dulu-dulu yang sakit langsung periksa. Sebenarnya kalau tahun ini di screening, pasti banyak juga temuan kasus HIV,” ujarnya.

Menurutnya, di tahun ini dari 125 orang usia produktif, 116 di antaranya terinfeksi. Mereka berusia 20 sampai 59 tahun. Sedangkan untuk usia yang sudah tidak produktif ada sembilan orang.

“Anak sekolah SMP SMA sudah ada yang AIDS. Artinya mereka terinfeksi sejak lima tahun yang lalu. Mereka diketahui HIV saat kami lakukan tes laboratorium di puskesmas dan rumah sakit,” ujarnya.

Lebih lanjut, terkait penyebab masyarakat terjangkit HIV lantaran ketidaktahuan dan belum memahami pencegahannya.

“Padahal permasalahan HIV di Kudus sangat serius. HIV, AIDS, Covid-19 bisa melumpuhkan berbagai sektor. Dimulai dari tingkat keluarga, sosial, ekonomi, pendidikan, dan masyarakat,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...