Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Alamak! Kasus Covid-19 Jepara Selama Desember Bertambah 1.322

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 selama Desember 2020 ini meningkat tajam. Hingga Senin (28/12/2020) jumlah positif Covid-19 mencapai 1.322 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jepara, Moh Ali menduga, penambahan kasus ini dipicu karena dampak libur panjang yang terjadi pada Oktober lalu. Selain itu, di Jepara pada bulan Desember ini masyarakat banyak yang menggelar hajat resepsi pernikahan.

Hal ini juga ditambah dengan adanya program swab screening yang digelar secara massif. Sehingga angka kasus yang terungkap menjadi banyak.

“Memang kenyataannya seperti itu. Angka kasusnya meningkat tajam dalam bulan Desember ini saja. Selain ada libur panjang, juga banyak kegiatan hajatan warga. Sedangkan tes usap (swab) yang dilakukan juga semakin intensif dilaksanakan,” ujar Moh Ali, Senin (28/12/2020).

Kegiatan tes swab yang dilakukan sebagai bagian dari program swab screening saat ini bahkan sudah dilakukan melebihi target yang sudah ditetapkan. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, untuk program ini menargetkan 182 test swab dalam sehari. Namun dalam pratiknya, dalam bulan Desember ini bisa dilakukan tes swab sampai 500 sehari.

Dari data yang dihimpun dari Pusat Data dan Laporan, jumlah tes swab yang dilakukan selama periode 1-25 Desember 2020 lebih dari 6.580 tes. Hasilnya, ditemukan 1.260 kasus positif Covid-19.

Jumlah ini bertambah dalam dua hari terakhir, dengan tambahan 62 kasus baru. Sehingga sampai Senin (28/12/2020) ini jumlah kasus terkonfirmasi positif covid 19 yang terjadi mencapai 1.322.

“Setelah banyak ditemukan, mudah-mudahan (positif Covid-19) segera turun. Kita harus mengupayakannya bersama-sama. Penanganan secara langsung dilakukan pusat pelayanan kesehatan, sementara masyarakat harus bisa menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Moh Ali.

Sementara itu, angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Jepara, juga meningkat dalam bulan Desember ini. Persentase angka kematian di wilayah Jepara bahkan mencapai 6,80 persen.

Dalam Bulan Desember ini jumlah kematian akibat Covid-19 di Jepara sudah ada 79 yang terjadi. Hal ini sesuai dengan data dari Tim Pemakaman Covid-19 BPBD Jepara.

“Kami mencatat ada 79 kegiatan pemakaman dalam kurun waktu 1 Desember sampai 27 Desember. Hari ini sudah ada satu lagi kegiatan pemakaman yang harus kami lakukan,” ujar M Zaenuddin, terpisah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...