Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Stok Darah PMI Kudus Menipis, Golongan B dan AB Tinggal Belasan Kantong

MURIANEWS, Kudus – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus Senin (28/12/2020) mulai menipis. Stok yang tersedia untuk golongan darah A, B, AB dan O, masing-masing hanya terdapat belasan hingga puluhan kantong.

Humas UDD PMI Kudus Praptiningsih mengatakan, total stok darah yang tersedia ada sebanyak 117 kantong. Golongan darah B memiliki jumlah yang paling sedikit yakni 17 kantong. Dengan rincian, jenis darah WB – PRC ada 16 kantong dan jenis darah TC satu kantong.

Kemudian, golongan darah AB juga hanya tersedia 18 kantong. Untuk stok golongan darah O ada 22 kantong dan yang terbanyak, stok darah ada pada golongan darah A yang jumlahnya 60 kantong.

“Dari mulai stok golongan darah AB, O dan A, kesemuanya jenis darah WB-PRC,” ujarnya.

PMI Kabupaten Kudus setiap hari juga membuka pelayanan bagi yang ingin mendonorkan darahnya di Kantor PMI Kudus hingga pukul 21.00 WIB.

Demi terpenuhinya stok darah aman, pihaknya juga memberikan layanan jemput bola di berbagai titik dengan lokasi dan waktu yang menyesuaikan jadwal.

“Hari ini sampai pukul 12.00 WIB, kami ada di Djarum Brak Sidorekso dan Brak Blolo. Bagi karyawan yang ingin mendonorkan darahnya, kami juga wajibkan menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan tetap menjaga jarak,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...