Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kalangan Pesantren Diusulkan Jadi Prioritas Vaksin Covid-19

MURIANEWS, Semarang – Pemerintah diminta menjadikan pondok pesantren (ponpes) menjadi salah satu prioritas pemberian vaksin Covid-19. Terlebih jumlah pesantren di provinsi ini sangat banyak.

Dorongan ini diungkapkan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Provinsi Jawa Tengah Sarif Abdillah. Dalam keterangan tertulisnya, ia mengatakan, vaksinasi corona untuk pondok pesantren ini sangat mendesak dan harus menjadi salah satu prioritas untuk diberikan.

Karena sejauh ini pondok pesantren di tengah pandemi ini terus melakukan proses belajar mengajar dan rentan terpapar virus corona.

“Ada ribuan ponpes di Jawa Tengah yang saat ini terus melakukan proses belajar mengajar di pondok. Mereka juga menjadi kelompok masyarakat yang rentan terpapar Covid-19 yang harus juga diorioritaskan,” katanya, Minggu (27/12/2020).

Dia menyebut, Kementrian Kesehatan telah mengeluarkan Permenkes Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Dalam peraturan itu, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan pemerintah pusat dengan melibatkan pemerintah daerah secara gratis.

Pelaksanaan vaksinasi virus corona  berlangsung bertahap dan akan diprioritaskan ke kelompok masyarakat seperti tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, TNI, Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya.

“Fraksi PKB mengususulkan agar ponpes juga menjadi salah satu yang diprioritaskan juga. Saya mengusulkan pada pusat hingga daerah agar lingkungan pondok pesantren yang di dalamnya ada pengasuh, masyaikh, asatidz, asatidzah, santriwan dan santriwati, agar mendapat skala prioritas utama untuk diberikan vaksin Covid-19,”  tandasnya.

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...