Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Madu Kaliandra dan Randu Produksi Peternak Lebah di Kudus Ini Paling Diburu

MURIANEWS, Kudus – Peternak lebah asal Kudus, Noor Khasan memproduksi lima jenis madu hasil beternak lebah Mellifera asal Australia. Dua dari lima produk madunya yang paling sering diburu konsumen yakni madu randu dan kaliandra.

“Untuk khasiat sebenarnya hampir sama dengan madu-madu lainnya. Yang membedakan rasa dan warnanya. Biasanya juga dibuat sebagai tambahan olahan makanan,” katanya MURIANEWS, Sabtu (26/12/2020).

Menurutnya, madu tersebut merupakan madu khas Desa Dukuh Waringin. Menurutnya, madu randu memiliki warna yang jernih, sementara kaliandra hitam.

“Kebetulan kami memang punya predikat sebagai kampung lebah. Dan pembeli biasanya juga datang langsung ke sini,” ujarnya.

Ia mengakui di pasaran banyak beredar madu palsu atau campuran. Oleh karenanya, banyak konsumen yang langsung membeli langsung padanaya.

Menurutnya, madu asli memiliki beberapa ciri khas. Dari warnanya yang terlihat jernih dan muncul buih bewarna putih ketika madu dikocok.

Untuk macam-macam variannya, tiap-tiap madu memiliki rasa yang berbeda. Hal itu bergantung di mana lebah diangon. Rasa dari madu juga bergantung pada saat lebah diangon.

“Kalau lebahnya diletakkan di dekat pohon randu, jadinya madu Randu. Kalau lebahnya diangon di area pohon kaliandra jadinya madu kaliandra,” jelasnya.

Lebah-lebah miliknya diangon berpindah-pindah menyesuaikan dengan musim bunga.  Noor Khasan juga menyampaikan bahwa angon lebah tidak sama dengan angon sapi.

“Kalau angon sapi kan ditungguin. Kalau lebah nggak. Ditinggal di situ selama beberapa bulan, kalau sudah panen diambil. Setelah itu nanti pindah lagi ke area yang lainnya,” terangnya.

Ditanya soal pemasaran, dia memasarkan ke beberapa tempat. Mulai dari Pekalongan, Solo, Jogjakarta, Jakarta, hingga Batam.

Selain madu randu dan madu kaliandra, Noor Khasan juga memproduksi madu rambutan, madu kopi, dan madu akasia.

Untuk madu produksinya dipasarkan menjadi beberapa kemasan. Untuk madu 250 ml seharga Rp 60 ribu, madu 450 ml seharga Rp 90 ribu, dan madu 500 ml Rp 100 ribu.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...