Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sowan di Ndalem Kiai Muadz, Menag Diminta Jaga Eksistensi Pesantren

MURIANEWS, Pati – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mendapatkan pesan khusus dari KH Muadz Thohir, pengasuh Pondok Pesantren Roudhoh At Thohiriyah Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso. Pesan tersebut berupa perminaan untuk menjaga eksistensi pesantren.

“Saya pesan agar beliau tetap menjaga eksistensi pesantren di tengah gempuran dunia modern,” kata KH Muadz, Jumat (25/12/2020) semalam.

Gus Yaqut, sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas melakukan silaturrahmi kepada para kiai yang ada di Jawa Tengah usai dilantik pada 23 Desember lalu. Kali pertama adalah mengunjungi pamannya, yakni KH Mustofa Bisri Rembang. Kemudian dilanjutkan di Sarang dan di kediaman KH Bahaudin Nursalim.

Kemudian safari dilanjutkan dengan silaturrahmi ke kediaman KH Muadz Thohir. Dalam silaturahmi tersebut, rombongan tiba sekitar pukul 20.30 WIB. Gus Yaqut pun langsung masuk ke rumah Kiai Muadz dan beramah tamah.

Gus Yaqut tidak memberikan sepatah kata pun kepada wartawan. Namun dari keterangan Kiai Muadz, silaturrahmi itu lebih banyak guyonan, lantaran keduanya sudah lama tidak bertemu.

“Guyonan bisa. Lama tidak bertemu. Sudah lama sekali,” ungkapnya.

Kiai Miadz pun menjelaskan, memang ada beberapa hal yang disampaikan kepada Gus Yaqut. Salah satunya adalah banyaknya pesantren baru yang karakternya mempunyai perbedaan jauh.

“Hanya seputar itu. Esksistensi pesantren. Pesantren harus dirawat, jangan sampai punah. Saya hanya berdoa, semoga selmaat tidak kena apa-apa, khususnya Covid-19,” ungkapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...