Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sepanjang 2020 Baru Tiga Pasar di Kudus Dipasang CCTV

MURIANEWS, Kudus – Selama tahun 2020 Dinas Perdagangan Kudus baru memasang kamera pengawas (CCTV) di tiga pasar tradisional. Di tiga pasar ini ada puluhan kamera pengawas yang telah dipasang.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus, Albertus Harys Yunanto mengatakan, tiga pasar yang telah terpasang CCTV itu yakni Pasar Kliwon, Pasar Baru Kudus dan Pasar Bitingan.

“Pasar Kliwon tahun ini dipasang 16 CCTV baru, sehingga totalnya sekarang ada 32 CCTV. Pasar Baru sudah ada 32 CCTV dan baru semua. Untuk Pasar Bitingan ada 16 CCTV baru, sehingga totalnya ada 32 CCTV. Kalau pasar-pasar lainnya belum dipasang CCTV,” katanya kepada MURIANEWS, Jumat (25/12/2020).

Rencananya pada tahun 2021 pihaknya akan memasang CCTV di pasar lainnya, salah satunya di Pasar Jember Kudus.

Ditanya soal anggaran pengadaan CCTV, Harys mengatakan anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 185 juta lewat APBD 2021. Dari nominal tersebut diperkirakan bisa menambah CCTV di 64 titik yang dibagi ke 27 pasar di Kudus.

Lebih lanjut, dia mengatakan jumlah ideal pemasangan CCTV di tiap-tiap pasar bergantung pada luasan pasar.

“Pasar Kliwon itu 32 CCTV sebenarnya masih kurang. Soalnya di lantai tiga belum ada. Di lorong-lorong juga belum ada,” sambungnya.

Dia mengatakan, pemasangan CCTV di pasar lumrah di pasang di beberapa titik. Seperti tempat parkir, lorong, los, jalan utama, area kontainer sampah.

“Sejauh ini menurut kami efektif. Karena bisa membantu pihak keamanan. CCTV nya bisa dipantau dari Dinas Perdagangan, bisa juga dipantau dari kantor pasarnya, dan juga bisa dipantau dari aplikasi dari HP,” ujar dia.

Dia berharap dengan adanya CCTV dapat memonitoring situasi di pasar. Selain itu juga bisa meminimalisir tindak kejahatan.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...