Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anjing Pelacak Diterjunkan Periksa Gereja di Grobogan dari Ancaman Bom

MURIANK, Grobogan – Sehari menjelang Natal, petugas kepolisian melakukan penyisiran dan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di wilayah Grobogan, Kamis (24/12/2020). Sejak pagi hingga siang tadi, puluhan anggota Polres Grobogan mulai menyisir gereja yang ada di kawasan Kota Purwodadi.

Tindakan serupa juga dilakukan pada gereja di kecamatan lainnya. Selain di dalam gedung yang dipakai ibadah, penyisiran juga dilakukan di semua sudut gereja, termasuk halaman luar.

Dalam kegiatan ini, personel polisi juga mengerahkan anjing pelacak dan alat metal detektor. Hal ini untuk memastikan jika tempat ibadah tersebut aman dari ancaman.

“Langkah inikami lakukan guna mengantisipasi ancaman keamanan saat perayaan Natal. Polisi yang melakukan penyisiran dan sterilisasi dilengkapi dengan anjing pelacak dan juga metal detektor untuk mengantisipasi adanya bom atau benda-benda yang mencurigakan di dalam gereja dan sekitarnya,” kata Kabag Ops Polres Grobogan Kompol Sutomo.

Terkait dengan momen Natal tersebut, ia memerintahkan seluruh anggotanya untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiagaan dalam pengamanan. Dia juga meminta agar anggota mewaspadai kemungkinan adanya aksi teror dan tindak pidana lainnya yang bisa menyederai perayaan Natal.

“Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, kami juga sudah melakukan penguatan dengan melakukan penebalan pengamanan dan peningkatan patroli,” ujarnya.

Setelah sterilisasi, gereja akan dijaga aparat kemanan. Jumlahnya petugas disesuaikan dengan besar kecil dan sedikit banyaknya jemaah yang hadir di gereja.

Untuk pengamanan gereja, pihaknya mengerahkan sekitar 124 personel. Selain polisi, pengamanan gereja juga melibatkan unsur TNI, Satpol PP dan berbagai pihak lainnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...