Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Terorisme, Gereja-Gereja di Kudus Disterilisasi

MURIANEWS, Kudus — Polres Kudus mengerahkan pasukan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kerawanan aksi terorisme di gereja-geraja, Kamis (14/12/2020). Langkah ini dilakukan untuk memastikan perayaan Natal di Kabupaten Kudus aman.

Dari pantauan MURIANEWS di Gereja Santo Yohannes Evangelista, Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma beserta personel menyisir dan mensterilisasi setiap sudut gereja dengan menggunakan alat metal detector, hingga anjing pelacak.

Kapolres mengatakan, pihaknya memastikan keamanan gereja di Kudus dari adanya ancaman bahan peledak ataupun benda mencurigakan yang bisa membahayakan jemaat saat mengikuti ibadah Natal.

“Kami tidak boleh lengah dan selalu waspada adanya ancaman-ancaman terorisme. Kami menyiapkan 200 personel polres ataupun polsek  untuk berjaga dan memastikan umat Katholik dan Kristiani merasa aman saat melakukan ibadah Natal,” katanya.

Ia menyatakan, saat pelaksaan ibadah Natal tatap muka di gereja,  wajib mengedepankan protokol kesehatan dan melakukan pembatasan jemaat yang melaksanakan ibadah secara tatap muka.

“Sebenarnya kami mengimbau jika bisa ibadah Natal secara virtual. Tapi jika memang harus tatap muka protokol kesehatan harus tetap dijaga. Kami juga siap melakukan pengamanan,” ujarnya.

Pastur Gereja Katolik Santo Yohanes Evangelista, Romo Leonardus Kusuma mengatakan, misa Natal secara tatap muka di gereja tersebut dibatasi 20 persen dari kapasitas gereja.

“Pelaksanaan Misa natal mulai sore ini pukul 17.00 WIB sampai dengan 3 Januari 2021. Setiap pelaksanaannya kami batasi 100 jemaat. Sisanya melalui virtual youtube,” tutupnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...