Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Satu Warga Karimunjawa Terkonfirmasi Covid-19, Dirawat di RSUD Kartini Jepara

MURIANEWS, Jepara – Seorang warga Karimunjawa dipastikan terkonfirmasi positif Covid-19, setelah menjalani perawatan di RSUD Kartini Jepara. Kasus ini semakin mengindikasikan bahwa virus Covid-19 telah meluas di wilayah Kabupaten Jepara.

Kasus paling baru ini merupakan yang pertama terjadi di wilayah Karimunjawa, setelah sekian lama diklaim menjadi wilayah yang belum terjangkit Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penangan Covid-19 Jepara, Moh Ali menyatakan, saat ini warga yang merupakan PNS Pemkab Jepara tersebut masih dirawat di RSUD Kartini Jepara. Orang tersebut dirawat sejak 22 Desember 2020, dan diketahui memiliki penyakit penyerta berupa masalah jantung. Sampai saat ini, yang bersangkutan masih dalam proses perawatan.

Dijelaskan juga, selama tiga pekan terakhir ini yang bersangkutan memang sering melakukan perjalanan dari Karimunjawa ke Jepara. Hal itu dilakukan dalam rangka proses pengobatan penyakit jantungnya.

“Kami sudah melakukan tracing dan melakukan swab terhadap kurang lebih 50 orang yang masuk dalam kontak erat yang bersangkutan. Semuanya warga Karimunjawa, dan hasilnya diketahui negative semua,” ujar Moh Ali, Kamis (24/12/2020).

Warga Karimunjawa yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut diduga justru tertular pada saat berada di Jepara daratan. Sebab selama tiga pekan terakhir, yang bersangkutan diketahui bolak-balik dari Karimunjawa ke Jepara untuk berobat. Dari proses ‘wira-wiri’ ini kemungkinan yang bersangkutan tertular.

“Ya perkiraan kami seperti itu. Apalagi beliau ini memiliki comorbit jantung, jadi memang rentan tertular. Namun yang pasti semua penanganan sudah kami lakukan, termasuk tracing dan penanganan lanjutannya,” tambah Moh Ali.

Sementara itu, terkait kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jepara, Moh Ali menegaskan masih terus bertambah. Pada Rabu (23/12/2020) malam, pihaknya mengetahui adanya 61 kasus baru. Jumlah tersebut menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Jepara mencapai 3.988, dengan 3.283 kasus di antaranya melibatkan warga Jepara. Sedangkan sisanya merupakan warga dari luar Jepara.

Dari kasus-kasus baru yang muncul, ada 3 orang warga Desa Tempur, Keling, yang disebutkan terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus yang terjadi ini merupakan kasus pertama di Desa Tempur, setelah sekian waktu tidak ada satupun warga yang dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Desa Tempur yang berada terpencil di lereng utara Gunung Muria, kini sudah mulai dijangkau penularan virus Covid-19.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...