Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Plasma Konvalesen Bisa Didonorkan Maksimal Dua Bulan Usai Sembuh dari Corona

MURIANEWS, Kudus – Plasma konvalesen dianggap cukup efektif untuk terapi penyembuhan bagi pasien Covid-19. Plasma itu diambil dari dari para penyintas Covid-19.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus dr Ahmad Syaifuddin menyebut, jika ada batas waktu plasma konvalesen bisa didonorkan.

“Untuk plasma konvalesen orang yang sudah sembuh dari Covid-19 bisa diambil maksimal dua bulan dari dinyatakan sembuh. Ketika sudah dinyatakan sembuh bisa langsung donor,” katanya.

Dia menyebut, satu orang survivor Covid-19 bisa diambil beberapa kali untuk mendonorkan plasma konvalesen.

“Memang kami sarankan ke teman-teman yang sudah sembuh untuk mendonorkan plasma konvalesennya. Karena saat ini masih banyak yang membutuhkan walaupun memang pendonor plasma konvalesen masih dilihat dulu dengan cara dites antibodinya memenuhi atau tidak,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Syaifuddin orang yang terkena penyintas Covid-19 dengan gejala justru memiliki antibodi yang lebih baik daripada yang terkena Covid-19 tanpa ada gejala.

Baca: Mau Donor Plasma Konvalesen? Ini Syarat dan Lokasi di Jateng yang Bisa Melayani

Dengan adanya plasma konvalesen itu, menurut dia setiap orang yang sudah sembuh dapat menolong beberapa orang yang masih dalam perawatan saat terpapar Covid-19.

“Kami akan ajak jejaring penyintas agar mendonorkan plasma konvalesen. Karena dari plasma itu kita bisa mengambil antibodi yang sudah terbentuk untuk diberikan kepada yang masih dirawat. Tujuannya supaya bisa memerangi virus yang ada di dalam tubuhnya,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...