Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penyintas Covid-19 Ternyata Bisa Kembali Positif, Begini Penjelasan Ketua IDI Kudus

MURIANEWS, Kudus – Penyintas atau seseorang yang sudah sembuh dari virus corona atau Covid-19 ternyata tetap bisa kembali terinfeksi corona. Namun, risiko penularannya lebih kecil. Kasus tersebut dikupas saat talkshow yang diselenggarakan MURIANEWS, Rabu (23/12/2020) malam.

Ketua IDI Kudus dr Ahmad Syaifuddin mengatakan seseorang yang terkena Covid-19 dan berhasil sembuh bisa terinfeksi kembali.

“Ketika orang positif Covid-19 dan dia sudah 14 hari menyelesaikan masa isolasi tanpa ada gejala itu dianggap sangat rendah sekali untuk menularkan virus,” katanya Rabu (23/12/2020).

Dia menambahkan, memang ada seseorang yang di-swab sampai delapan kali dan hasilnya masih positif. Namun, kondisi untuk menularkan tetap terbilang kecil.

“Ada juga memang yang di-swab sampai delapan kali hasilnya masih positif. Itu karena ditemukan materi genetik yang masih hidup. Tapi sebenarnya bakterinya itu sudah tidak hidup. Dan yang bisa menularkan virus itu sebenarnya bakteri yang masih aktif,” terang dia.

Lebih lanjut, untuk daerah Kudus terkait kasus reinfeksi memang ada. Akan tetapi menurut dr. Ahmad Syaifuddin kasus reinfeksi di Kota Kretek sangat kecil.

Dia juga mengimbau agar tidak ada stigma dari masyarakat terhadap seseorang yang sudah sembuh usai terpapar Covid-19.

“Mengacu ke Kemenkes, ketika orang sudah selesai masa isolasi 14 hari dan tidak ada gejala, itu sudah dinyatakan sembuh. Dasarnya dari jurnal ketika sudah selesai isolasi dan ditambah tiga hari lagi itu sangat kecil risiko untuk menularkan. Jadi kalau ada tetangga yang sudah sembuh ya kita harusnya bersikap biasa saja, jangan di stigma terus kasihan. Yang penting tetap terapkan prokes,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...