Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Terminal Kudus Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Akhir Tahun

MURIANEWS, Kudus – Mengantisipasi melonjaknya penumpang di libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 Terminal Induk Tipe A, Kudus melakukan persiapan kgudus. Mulai dari armada hingga satgas protokol kesehatan.

“Kami berusaha menyeimbangan pelonjakan penumpang dengan fasilitas bus. Jangan sampai penumpang menumpuk tapi tidak dapat bus,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Jati Kudus Reno Adi Pribadi, Rabu (23/12/2020).

Pihaknya sudah meminta PO Bus untuk menyiapkan armada cadangan di garasi untuk siaga. Sehingga jika terjadi lonjakan penumpang armada tersebut sudah siap.

“Melalui agen kami imbau agar bus cadangan di garasi PO dipersiapkan. Mulai dari pengecekan rem, ban, palu darurat untuk pemecah kaca, hingga handsanitizer sehingga kapan pun, bus tersebut siap digunakan,” ucapnya.

Mengenai protokol kesehatan pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah personel satgas yang kini bagi menjadi dua sif tiap harinya. Jika ditemukan kerumunan penumpang, satgas akan mengurainya baik langsung ataupun melalui pengeras suara.

Para penumpang yang masuk area terminal dipastikan dicek suhu badan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, ataupun menggunakan handsanitizer yang terdapat di sudut-sudut terminal.

“Awalnya ada tiga sif, mulai 18 Desember 2020 sampai 4 Januari 2020 kami persiapkan posko dan ubah formasi menjadi dua sif untuk memperbanyak jumlah personel. Ini satu sif ada delapan personel dan kami bagi dengan tugasnya masing-masing,” ucapnya.

Selain personel satgas dari Terminal Induk Tipe A, pihaknya juga bekerja sama dengan lintas sektoral terkait. Di antaranya dengan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan hingga Satpol PP.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...