Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Semua RS Rujukan Corona di Kudus Diminta Punya Tempat Pemulasaran Jenazah Covid

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menginstruksikan semua rumah sakit penanganan Covid-19 di Kudus memilliki tim dan fasilitas pemulasaran jenazah yang sesuai standar.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi permasalahan saat ada pasien suspek atau terkonfirmasi corona yang meninggal dunia, seperti yang terjadi di salah satu rumah sakit swasta di Kudus Selasa (23/12/2020) malam.

Dalam kasus tersebut, pihak keluarga sudah menerima anggota keluarganya yang meninggal dengan status suspek corona. Pihak keluarga kemudian meminta jenazah dilakukan pemulasaran jenazah.

Namun rumah sakit swasta terkait, tidak bisa karena tak memiliki tempat pemulasaran jenazah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKK Kudus dokter Abdul Aziz Achyar mengatakan, pasien suspek dan terkonfirmasi yang meninggal di rumah sakit adalah tanggung jawab pihak rumah sakit. Termasuk di dalamnya adalah prosesi pemulasaran.

“Proses pemulasaran pasien adalah tanggung jawab rumah sakit terkait,” ucap Aziz, Rabu (23/12/2020).

Aziz menyebut, pelatihan terkait pemulasaran jenazah sebenarnya sudah pernah dilakukan. Tinggal bagaimana rumah sakit sakit mengimplementasikannya. “Kami akan imbau lagi untuk ini, supaya tidak ada permasalahan,” ujar Aziz.

Untuk diketahui, jumlah kasus aktif corona di Kabupaten Kudus sendiri kini berada di angka 419 pasien. Dari jumlah tersebut 158 di antaranya dirawat di tujuh rumah sakit rujukan.

Sebanyak enam rumah sakit rujukan tersebut juga merawat kasus suspek yang kini berada di angka 87 pasien.

Enam rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Umum Daerah Loekmono Hadi Kudus, Rumah Sakit Mardi Rahayu, Rumah Sakit Aisyiah Kudus, Rumah Sakit Islam Sunan Kudus, dan Rumah Sakit Kumalasiwi.

Sementara dua lainnya adalah Rumah Sakit Nurus Syifa dan Rumah Sakit Kartika Husada. Untuk Rumah Sakit Kartika Husada, kini nihil pasien suspek maupun terkonfirmasi Covid-19.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...