Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pilkades Serentak Pati Dianggarkan Rp 11,62 Miliar

MURIANEWS, Pati – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Pati yang akan digelar 10 April 2021, dianggarkan sebesar Rp 11, 625 miliar. Anggaran tersebut diambilkan dari APBD Pati 2021.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, anggaran selain dari APBDes juga akan dibantu dari pemkab. Namun, sistemnya berbeda dengan alokasi pada pilkades sebelumnya.

“Ini tentunya utuk memberikan dukungan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades dengan memperhatikan aspek keadilan, kecukupan, serta menjamin efektivitas dan efisiensi penganggaran,” katanya.

Lebih lanjut, penganggaran tersebut sudah tidak lagi berdasarkan jumlah penduduk per kepala. Agar ada keseimbangan, patokannya adalah batasan maksimal jumlah penduduk yang diperoleh dari Disdukcapil Kabupaten Pati.

Ketentuannya, bagi desa dengan penduduk sampai 2.000 orang, maka akan menerima dukungan anggaran paling banyak Rp 35 juta. Untuk jumlah antara 2.001-3.000 orang memperoleh Rp 45 juta. Jumlah penduduk 3.001-4.000 memperoleh Rp 55 juta. Kemudian jumlah penduduk 4.001-5.000 memperoleh Rp 65 juta.

“Jika terdapat lebih dari 5.000 orang, maka akan memperoleh sebesar Rp 75 juta.” jelas Haryanto.

Haryanto juga menekankan agar segala penganggaran, baik dari Pemda maupun APBDes dihitung dengan sebenar-benarnya. Tentunya dengan memperhatikan batas maksimal penggunaan anggaran.

“Anggaran harus digunakan sesuai dengan kebutuhan yang ada,” tegasnya.

Yang paling penting, lanjutnya, anggaran tersebut sebisa mungkin harus digunakan untuk perlengkapan protokol kesehatan. Bahkan hal ini harus disediakan jauh hari sebelum pelaksanaan pilkades.

“Jadi semua harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Agar kemudian Pilkades ini nanti dapat terselenggara secara aman, lancar, dan kondusif,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...