Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rapid Antibodi, Antigen atau Swab Mana yang Lebih Efektif?

MURIANEWS, Kudus – Di Indonesia dikenal berbagai macam tes untuk skrining pasien corona. Mulai dari rapid test antibodi, swab test,  dan yang terbaru adalah rapid test antigen. Bahkan pemerintah mensyaratkan rapid test antingen sebagai syarat perjalanan di libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dari tiga jenis tes ini, manakah yang paling efektif untuk mendeteksi Covid-19? Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus memberikn jawaban.

Menurutnya, swab test dirasa paling efektif jika dibandingkan dengan rapid antibodi maupun rapid antigen.

“Kalau standar bakunya tetap swab test. Dan keefektifannya memang lebih akurat swab test jika dibandingkan dengan yang lainnya,” kata ketua IDI Kudus dr Ahmad Syaifuddin, Rabu (23/12/2020).

Hal senada juga diungkapkan Humas IDI Kudus dr Dony Wicaksana. Menurutnya, untuk menentukan pasien terkonfirmasi Covid-19 atau tidak paling akurat tetap menggunakan swab test.

“Swab test paling akurat karena persentasenya mencapai 98 persen. Proses pengambilannya dari hidung atau tenggorokan,” jelasnya.

Dia tidak memungkiri bahwa saat ini pemerintah memang menyarankan masyarakat yang berpergian ke luar kota untuk melakukan rapid antigen. Namun menurut dia, untuk penegakan diagnosa sesuai pedoman Kementerian Kesehatan tetap lebih akurat swab test.

Hal yang sama juga disampaikan Direktur RS Aisyiyah Kudus, Hilal Ariadi. Menurut dia, swab test tetaplah yang paling akurat.

“Jika dibandingkan ketiganya memang paling akurat tetap yang swab test. Tapi untuk swab test hasilnya memang tidak bisa langsung jadi saat itu juga,” jelas Hilal.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...