Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

32 Kasus Pungli Disikat Saber Pungli Kudus Selama Dua Tahun Terakhir

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 32 kasus pungutan liar (pungli) di Kota Kretek berhasil ditindak oleh Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Kabupaten Kudus. Puluhan kasus ini terungkap dalam dua tahun terakhir.

Kepala Inspektorat Kabupaten Kudus Adi Harjono mengatakan, sebagian besar dari jumlah yang ditindak tersebut adalah dari sektor perparkiran. Kemudian ada juga dari sektor Samsat.

“Banyak aduan dari parkir, tapi tak sampai diajukan ke APH (aparat penegak hukum). Hanya dua yang diajukan ke mereka,” ucap Adi ketika ditemui di Command Center usai vidcon dengan Tim Saber Pungli Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Rabu (23/12/2020).

Untuk kasus parkir, banyak dari modusnya adalah tidak memberi karcis parkir. Serta ada juga yang memungut tarif parkir di atasa peraturan daerah.

Kemudian untuk dua kasus yang dilakukan pelimpahan ke APH sendiri, tambah Harjuno, adalah kasus pungutan liar di Dandangan tahun 2019.

Namun, kasus tersebut berhenti karena yang bersangkutan berjanji untuk tidak melakukan kesalahan tersebut kembali. “Sampai saat ini kami melakukan pengawasan,” kata dia.

Pada tahun 2020 sendiri, pihaknya telah melakukan banyak sekali edukasi dan sosialisasi pada masyarakat terkait pungli ini. Sementara untuk tahun 2021 mendatang, pihaknya akan memperbanyak penindakan tanpa mengurangi sosialisasi.

“Instruksi dari Plt Bupati kami harus semakin tegas, maka akan kami jalankan,” tandasnya.

Sementara terkait Hari Anti Korupsi Sedunia, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo berharap semua aspek pemerintahan untuk terus melakukan evaluasi terhadap kinerjanya.

Terlebih dua tahun terakhir, kata dia, sempat terjadi dua kasus korupsi besar di Kabupaten Kudus.

“Jangan sampai ini terulang lagi, jangan ada pemanggilan-pemanggilan pemeriksaan lagi, ini mengganggu psikis dan mempengaruhi performa kinerja,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap semua tim saber pungli di Kabupaten Kudus untuk terus melakukan penindakan.Apabila ditemukan pungli, langsung diminta untuk segera ditindak. “Jangan hanya sosialisasi saja, tapi juga ditindak tegas,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...