Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pandemi, Gereja di Jepara Ini Tak Gelar Perayaan Natal

MURIANEWS, Jepara – Sejumlah gereja di Kabupaten Jepara berencana tidak akan menggelar perayaan Natal seperti tahun-tahun sebelumnya. Natal tahun ini akan diperingati dengan keprihatinan mendalam, mengingat pandemi belum berakhir.

Koordinator Persekutuan Hamba Tuhan  Wilayah Kabupaten Jepara, Pdt Prapto Basuki, menyatakan, rencana tidak menggelar perayaan Natal merupakan bagian dari kesadaran dari umat. Meski tidak ada himbauan dari pemerintah, sikap ini tetap akan diambil, semata-mata demi keamanan dan keselamatan bersama.

“Justru Natal memiliki pesan yang kuat karena gereja-gereja rela berkorban tidak mengadakan perayaan Natal demi keselamatan banyak orang. Kalaupun ada perayaan, bentuknya adalah ibadah yang sangat memperhatikan protokol kesehatan termasuk pembataasn kehadiran jemaat,” ujar Prapto Basuki, Selasa (22/12/2020).

Karena situasi yang terjadi, sebagian besar gereja-gereja di Kabupaten Jepara sudah menyampaikan tidak mengadakan Perayaan Natal. Namun gereja-gereja yang ada akan menggunakan kesempatan ini untuk berbagi kasih kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dari informasi yang ada, sejumlah gereja telah memastikan tidak akan menyelengaraan perayaan Natal tetapi merayakan dengan membagi sembako seperti yang dilakukan GITJ Tempur, GPDI Pecangaan, GKMI Mlonggo, GITJ Bucu, JKI Gethsemane Kelet, JKI Efrata Kelet, GPDI Bondo, GKSI Cepogo, GBT Bondo, GPI Bondo.

Sedangkan sejumlah gereja lainnya menyatakan akan melaksanakan kegiatan kebaktian secara terbatas. Gereja-gereja yang akan mengambil keputusan seperti ini adalah JKI, GKSI, GITJ Bumi Harjo dan GBI Jerukwangi. Lainnya, seperti GKMI Mlonggo dan GITJ Margokerto, akan melakukan kegiatan ibadah Natal secara daring.

GITJ Margokerto, yang merupakana gereja terbesar di Jepara akan menggelar ibadah secara live streaming melalui FB Yohanes Wibowo,YouTube GITJ Margokerto,dan radio El Shaddai 107 Fm.

“Untuk GITJ Margokerto, ibadah dilakukan  live streaming tanggal 25 Desember 2020  jam 9 pagi. Jemaat ikut ibadah bersama keluarga masing-masing di rumah dengan menekankan kepada keprihatinan,” ujar Ketua Majelis GITJ Margokerto Sudi Siswanto, terpisah.

Sudi menjelaskan, nantinya ibadah secara live streaming ini Petugas ibadah yang melayani digereja akan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Ibadah yang akan digelar akan menggunakan liturgi semi perayaan Natal. Arahnya lebih ke refleksi peratapan dalam menghayati situasi pandemi ini.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...