Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Resuffle Kabinet, Ini Enam Menteri Baru Presiden Jokowi

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan reshuffle kabinet pertama Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020). Ada enam nama yang diumumkan menjadi menteri baru.

Pada pengumuman yang disiarkan stasiun televisi nasional, Selasa sore, Jokowi menetapkan Tri Rismaharini yang sebelumnya Wali Kota Surabaya sebagai Menteri Sosial. Risma menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi bansos Covid-19.

Selanjutnya ada nama Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Sebagaimana diketahui, pada Pilpres 2019 lalu, Sandiaga Uno yang berpasangan dengan Prabowo Subianto merupakan rival Jokowi yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

Nama ketiga yang diumumkan Presiden Jokowi pada reshuffle kabinet kali ini adalah Budi Gunadi Sadikin yang didapuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi Gunadi sebelumnya pernah menjabat Dirut Bank Mandiri dan Wakil Menteri BUMN.

Lalu Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi, sedangkan Mohammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Untuk jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan, Jokowi mempercayakan kepada Sakti Wahyu Trenggono.

Sakti menggatikan Edhy Prabowo yang sebelumnya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap perizinan ekspor benih lobster atau benur.

Sementara itu, seperti dikutip Solopos.com, Presiden Jokowi berencana melantik keenam menteri baru itu pada Rabu (23/12/2020). “Pelantikan akan dilaksanakan insyaallah besok pagi,” kata Jokowi saat pengumuman reshuffle di halaman belakang Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...