Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ketahuan Tak Patuhi Prokes, Pengunjung Pasar Gembong Langsung Rapid Test di Tempat

MURIANEWS, Pati – Upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh petugas gabungan. Terutama di tempat-tempat yang rawan terjadi kerumunan.

Seperti halnya di Pasar Gembong, petugas pun menyusuri hingga ke bagian dalam pasar. Mereka melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap pedagang maupun pengunjung. Apabila kedapatan ada yang tidak menaati protokol kesehatan, maka akan langsung di rapid test di lokasi.

Pimpinan petugas gabungan operasi Yustisi di Pasar Gembong Iptu Parsa mengatakan, dari hasil operasi yang dilakukan, ada empat pengunjung yang kedapatan tidak menggunakan masker. Padahal, mereka semua adalah usia rentan terhadap Covid-19.

“Empat orang itu langsung kami rapid tes di lokasi. Hasilnya nonreaktif,” ungkapnya, Selasa (22/12/2020).

Dirinya mengakui, selama ini pasar memang salah satu penyumbang terbesar peningkatan Covid-19 di Kabupaten Pati. Kondisi masyarakat ketika berada di dalam pasar, hampir tidak bisa dikondisikan. Terkadang ada juga yang tidak menaati prokes.

“Karena itu, operasi yustisi yang menyasar pasar ini kami galakkan. Petugas gabungan kami bagi menjadi dua tim. Satu di dalam dan satunya lagi melakukan operasi di luar,” imbuhnya.

Sambil melakukan operasi, pihaknya pun tak henti menyosialisasikan pentingnya menaati prokes. Melakukan 3M, yakni memakai masker, menjaga harak dan mencuci tangan saat ini adalah hal yang paling penting.

“Kami harap langkah ini dapat membantu memutus rantai penyebaran covid dikabupaten pati. Pasalnya, saat ini pati masih menduduki angka tinggi Covid di wilayah Jawa Tengah,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...