Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BLK Kudus Siapkan 24 Pelatihan Pada 2021, Mulai Barista Hingga Video Editing

MURIANEWS, Kudus – UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus pada Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus menyiapkan puluhan pelatihan keterampilan pada tahun 2021.

Kepala UPTD BLK pada Disnaker Perinkop UKM Kabupaten Kudus Anggun Nugroho mengatakan, setiap pelatihan, hanya memiliki satu kelas yang diikuti oleh 16 peserta.

“Pendaftaran rencana kami buka mulai Januari 2021. Dan pelaksanaanya kemungkinan mulai pada akhir Februari 2021. Sasaran utama kami untuk para pencari kerja atau lulusan baru bisa dari berbagai tingkat,” katanya.

Beberapa pelatihan keterampilan yang akan digelar di antarahya drafting with autoCAD, auto detailing body mobil, barista, barber shop, pastry and bakkery hingga video editing dan fotografi.

“Itu jenis yang terbaru belum pernah kami adakan. Beberapa pelatihan lama juga ada seperti menjahit, make up artist, hingga otomotif. Tiap satu jenis keterampilan nantinya hanya ada satu kelas merata, bukan bisa beberapa kelas seperti biasanya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan di tahun 2021, pihaknya mendapatkan anggaran APBD sebanyak Rp 2,3 miliar untuk pelatihan keterampilan di BLK. Jumlah tersebut berkurang dari anggaran yang diterima setelah adanya realokasi anggaran untuk Covid -19 yakni sebanyak Rp 3,2 miliar.

“Memang tahun 2021 anggaran  yang kami dapatkan untuk pelatihan berkurang. Untuk itu, kami sesuaikan dengan mengurangi tenaga teknis kepelatihan kontrak, serta mengurangi jenis dan kelas pelatihan keterampilan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...