Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pagu Anggaran Dana Desa Pati 2021 Turun Rp 4 Miliar

MURIANEWS, Pati – Pagu anggaran Dana Desa (DD) Kabupaten Pati tahun anggaran 2021 mengalami penurunan dibandingkan pada tahun ini. Tak tanggung-tanggung, penurunan tersebut mencapai Rp 4 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Sudiyono mengatakan, pagu DD Pati pada 2021 sebesar Rp 426 miliar atau tepatnya Rp 426.380.834.000.

Menurutnya, penurunan ini dimungkinkan karena adanya pandemi Covid-19. Namun, pada dasarnya pagu tersebut masih sesuai dengan DD tahun ini.

“Tahun ini DD (Dana Desa) mencapai Rp 430 miliar. Tapi karena ada refocusing untuk penanganan Covid-19, anggarannya pun menjadi Rp 426 miliar. Untuk tahun ini, pagu anggarannya juga sama Rp 426 miliar,” ungkapnya.

Besaran pagu tersebut, nantinya akan dibagikan kepada 401 desa di Bumi Mina Tani. Namun, pembagian tentunya sesuai dengan indikator yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Dia menambahkan, indikator tersebut adalah alokasi dasar yang bersumber dari jumlah penduduk. Alokasi berdasarkan desa tertinggal dan sangat tertinggal yang mempunyai jumlah penduduk miskin tinggi.

Indikator lainnya adalah Alokasi Kinerja yang diberikan kepada desa yang mempunyai kinerja baik. Selanjutnya adalah alokasi formula yang berdasarkan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah serta tingkat kesulitan geografis desa.

“Indikator ini nanti yang menentukan apakah desa akan menjadapatkan jumlah DD besar atau kecil,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...