Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Daging Ayam di Kudus Ikut Naik, Akhir Tahun Diprediksi Melonjak Lagi

MURIANEWS, Kudus – Kenaikan harga tak hanya terjadi pada cabai merah saja. Di Kabupaten Kudus, harga daging ayam pedaging juga mulai merangkak naik.

Saat ini harga daging ayam di pasar tradisional rata-rata Rp 35 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya yang hanya Rp 30 ribu. Pada pergantian tahun nanti, bahkan harganya diprediksi akan kembali naik lagi.

“Hari ini daging ayam Rp 35 ribu per kilogram. Akhir bulan ini biasanya bisa naik lebih tinggi lagi harganya. Tahun lalu sampai Rp 38 ribu saat akhir tahun,” kata Rina, salah satu pedagang daging di Pasar Bitingan Kudus, Senin (21/12/2020).

Menurutnya sebelum ada kenaikan harga, dia mampu menjual daging ayam sampai 100 kilogram per hari.

“Kalau setelah harga daging naik, kurang dari itu. Selisihnya sedikit sih. Cuma banyak pembeli yang komplain karena harga naik,” terangnya.

Di sisi lain, Kasi Fasilitasi Perdagangan Dinas Perdagangan Kudus Teddy Hermawan membenarkan kenaikaan harga daging ayam.

“Memang benar harga daging ayam saat ini naik. Harga Rp 35 ribu per kilogram bisa dibilang sangat tinggi,” terangnya.

Baca: Makin Pedas, Harga Cabai Merah Keriting di Kudus Capai Rp 65 Ribu

Dia menyebut, pembeli bisa memilih alternatif lain dengan cara membeli daging ayam frozen.

“Cuma kan sejauh ini pembeli memang belum terbiasa beli yang frozen. Imbauan saya pembeli bisa mencari alternatif ke daging ayam frozen,” tandasnya.

Di Kabupaten Kudus kenaikan harga komoditas pangan yang cukup mencolok adalah cabai rawit merah keriting. Harganya saat ini tembus Rp 65 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya hanya sekitar Rp 30 ribu per kilogram.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...