Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gereja-Gereja di Blora Bakal Rayakan Natal Secara Daring 

MURIANEWS, Blora – Gereja di Kabupaten Blora tahun ini tidak bisa merayakan Natal dengan meriah. Karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mulai 19 Desember 2020.

Oleh karenanya, gereja-gereja di Kabupaten ini menyelenggarakan ibadah Natal secara daring. Ketua Bidang Liturgi Dewan Pastoral Paroki (DPP) Gereja Katholik Santo Pius X Blora Ignatius Ary Soesanto mengatakan, ibadah misa malam Natal pada 24 Desember dan misa Hari Raya Natal pada 25 Desember dengan streaming.

“Jemaat dari rumah masing-masing, terus pemimpin agama divideo dengan streaming, melalui Youtube, rencanaya seperti itu,” katanya, Senin (21/12/2020).

Untuk alternatif lain lanjutnya, bisa saja prosesi misa dilakukan dengan dua sesi dengan jumlah jemaat dibatasi. Yakni pada saat misa malam Natal itu dilakukan pada pukul 17.00 WIB dan pukul 20.00 WIB. kemudian pada misa Hari Raya Natal pada pukul 07.00 WIB dan 17.00 WIB.

Itupun bukan dilakukan di Gereja Santo Pius saja, tapi dilakukan digereja lain di Kecamatan Blora. “Jadi umat kita bagi dua wilayah agar bergantian saat beribadah, sehinga tidak kumpul jadi satu,” jelasnya.

Untuk semua alternatif ini lanjut Ary, merupakan alternatif yang dimungkinkan perayaan dilakukan pada saat pandemi seperti ini. Namun hal ini menunggu hasil rapat bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Blora.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho memberikan batasan gereja yang akan mengelar perayaan Natal, maksimal setiap gereja hanya boleh 50 orang. “Pada perayaan Natal di tiap-tiap gereja hanya dibatasi maksimal 50 orang,” ujarnya .

Perayaan Tahun Baru di Blora pun dipastikan tidak akan digelar. “Kami mulai pengetatan protokol kesehatan serta pemberlakuan jam malam,” imbuhnya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...