Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jokowi Ajak Berobat Online, SehatQ Termasuk dalam 5 Aplikasi yang Bisa Jadi Rujukan

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia berobat secara online melalui aplikasi kesehatan atau telemedicine untuk mengetahui keterpaparan Covid-19. Untuk itu, pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai aplikasi kesehatan.

“Tidak semua orang harus ke dokter atau ke rumah sakit atau ke puskesmas, tetapi bisa lewat telemedicine sehingga mengurangi risiko ada tenaga medis tertular,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, penggunaan aplikasi telemedicine di Indonesia meningkat dari 4 juta menjadi 15 juta. Berikut 5 aplikasi yang telah resmi ditunjuk pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19:

1. SehatQ

SehatQ melalui Aliansi Telemedika Indonesia (Atensi) juga telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan fitur cek risiko Covid-19 melalui situs resmi SehatQ yang bisa diakses secara gratis oleh pengguna.

SehatQ juga memiliki beberapa fitur layanan yang bisa memudahkan para pengguna diantaranya adalah :
– Forum Tanya Jawab Dokter
Buat Anda yang masih takut keluar rumah, SehatQ memberikan solusi untuk bisa berkonsultasi dengan dokter umum dengan layanan Forum SehatQ. Anda bisa berkonsultasi mengenai keluhan, symptomps dan ragam keluhan untuk penyakit yang Anda rasakan.

– Toko SehatQ Untuk Produk Kesehatan
Butuh suplemen untuk diminum harian? Atau butuh rapid test antigen? Toko SehatQ memberikan layanan one stop services bagi Anda yang membutuhkan layanan baik on call, drive thrue, maupun home visit.

– Ragam Artikel Kesehatan
Bagi beberapa orang yang ingin merujuk masalah kesehatan, baca artikel kesehatan adalah langkah termudah untuk mengenali gejala, dan cara pengobatannya. Dengan ribuan artikel kesehatan, SehatQ menjadi pioneer untuk menjadi solusi kesehatan dalam genggaman.

2. Grab dan Good Doctor

Grab Indonesia dan Good Doctor telah bekerja sama dengan Kemenkes menghadirkan layanan pemeriksaan awal Covid-19. Layanan ini dapat digunakan untuk berkonsultasi dengan dokter dari Good Doctor melalui fitur GrabHealth pada aplikasi Grab.

3. Alodokter

Guna mendukung program KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dari Kemenkes, Alodokter menghadirkan layanan chatbot yang mampu berinteraksi cepat untuk menjawab pertanyaan terkait Covid-19. Layanan ini bisa diakses melalui website resmi Alodokter.

4. Gojek dan Halodoc

Gojek dan Halodoc juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kemenkes untuk pemeriksaan awal Covid-19. Pengguna dapat melakukan self assessment risiko Covid-19 dan konsultasi online bersama 20.0000 dokter berlisensi dari Halodoc.

5. KlikDokter dari Kalbe

Anak usaha Kalbe, yakni KlikDokter telah ditunjuk pemerintah untuk mengedukasi dan membantu memberikan informasi yang benar terkait Covid-19. KlikDokter juga menghadirkan fitur cek risiko Covid-19 gratis yang siap siaga 24 jam melayani pengguna untuk konsultasi online.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...