Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Emak-Emak di Kudus Diajari Cara Bikin Kue Kekinian Berniai Jual Tinggi

MURIANEWS, Kudus – Komunitas Chef Muria Kudus bekerja sama dengan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar platihan kelas memasak kue kekinian. Pelatihan tersebut tersebut digelar di PDKT Resto, Minggu (20/12/2020).

Ketua Chef Muria Kudus Totok Sunarto mengatakan, pihaknya ingin memperkenalkan menu kue kekinian yakni Tiramisu Cheese Cake dan Bake Cheese Cake. Menurutnya selama ini masyarakat kesulitan saat ingin membuat kue – kue kekinian.

“Pelatihan kali ini kami bagi jadi tiga kelompok, dengan total delapan peserta dari UMKM hingga Ibu – Ibu rumah tangga. Ide kami awalnya mau menyasar ke UMKM tapi peminatnya meluas. Pelatihan ini berbayar Rp 250 ribu,” katanya.

Pihaknya sendiri sudah menyiapkan puluhan chef profesional untuk mempersiapkan pelatihan – pelatihan memasak diberbagai bidang. Mulai dari olahan kue kekinian, tradisional, hingga berbagai olahan daging ataupun ikan sesuai bidangnya masing – masing.

“Untuk yang hari ini ada dua chef yang memandu. Tapi kami punya sekitar 20 chef yang sudah siap untuk mengajar. Setelah pelatihan ini bukan langsung berhenti, namun kami buat grup whatsapp agar jika masih ada kendala bisa ditanyakan melalui grup,” ucapnya.

Pelatihan Kue Kekinian dari Komunitas Chef Muria Kudus (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Kepala BLK Kudus Anggun Nugroho menjelaskan pelatihan ini merupakan tindak lanjut setelah penandatangan MoU beberapa waktu waktu lalu. Di mana kali ini penyelenggaranya dari Komunitas dan BLK yang memfasilitasi sertifikat pelatihan.

“Selain sertifikat pelatihan, BLK juga membantu dalam promosi, pengadaan sarana prasarana jika masih ada kekurangan. Ini pelatihan sifatnya mandiri, semua teknis dari komunitas, semua biaya masuk ke komunitas. Kami hanya memfasilitasi beberapa hal tadi,” ucapnya.

Sementara Khusnul Chotimah salah seorang peserta mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan kue kekinian tersebut. Pihaknya sendiri baru pertama kali mengikuti cooking class kue kekinian tersebut.

“Meski di masa sekarang bisa belajar melalui youtube dan yang lain. Tapi saya rasa akan beda jika langsung mempraktekkan dengan ahlinya,” ucap salah satu ASN pegawai pemerintahan tersebut.

Ia menambahkan, tujuan keikutsertaanya sendiri, lantaran ingin mendapatkan pengalaman lebih dari memasak dan minimal bisa menjadikan output santapan kue kekinian untuk keluarga di rumah.
“Tiramisu Cheese Cake dan Bake Cheese Cake, menurut saya bisaa dibilang sederhana tanpa menggunakan alat oven ataupun panggang, tapi dengan hasil dengan nilai jual yang cukup tinggi. Trik dan tips pembuatan untuk dipasarkan meluas (dengan sasaran menengah kebawah) tadi juga dibagikan, tanpa mengurangi kualitas dari kue itu,” tandasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...