Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pria di Kudus Ini Pilih Budidaya Lebah Australia karena Lebih Jinak dan Menguntungkan

MURIANEWS, Kudus – Peternak lebah asal Kudus, Noor Khasan memilih budidaya lebah mellifera yang bibitnya berasal dari Australia. Itu dipilihnya lantaran lebah mellifera lebih jinak dan kualitasnya lebih baik jika dibandingkan dengan madu lainnya. Bahkan pembelinya tak hanya dari Kota Kretek.

Ditemui di kediamannya di Dukuh Pliring, Desa Dukuhwaringin, Kecamatan Dawe, Kudus, Noor Khasan menjelaskan tentang budidaya lebah mellifera Australia.

“Lebah lebih mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan. Kalau lebah Jawa atau lebah hutan lebih sulit dan tidak bisa diletakkan ke dalam kotak atau stup,” katanya, Sabtu (19/12/2020).

Selain itu, menurut pria yang sudah beternak lebah sejak 1997 itu kualitas madu mellifera lebih bagus. Sehingga hasilnya lebih banyak dan menuntungkan.

“Hasilnya lebih banyak kalau saat panen. Biasanya panennya 12 hari sekali di bulan Mei sampai November. Kalau lebah yang lainnya hasilnya tidak tentu,” ujarnya.

Saat ini, pria kelahiran Kudus, 7 Mei 1974 itu memiliki 100 stup (kotak lebah). Saat musim panen tiba, dalam sebulan dia bisa panen sampai 3 kuintal madu.

Hal itu dengan asumsi satu stupnya sebanyak tiga kilogram madu. Dengan rentan 12 hari panen. Artinya, dalam sebulan dia mampu panen sebanyak dua kali.

“Kalau cuaca bagus, tidak hujan dan musim bunga juga lagi bagus bisa panen sampai tiga kali dalam sebulan,” terangnya.

Pemasaran madunya tidak hanya di Kudus. Bahkan ke luar Kudus seperti Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Jakarta, hingga Batam. Dari hasil penjualan madu itu, dia mampu meraih omzet sebanyak Rp 100 juta per tahun. Nominal tersebut bergantung pada cuaca.

“Kurang lebih segitu. Bisa kurang bisa lebih bergantung pada cuaca juga. Kalau pas hujan dan cuaca kurang bagus ya dapatnya kurang dari segitu,” ujar Noor Khasan.

Ke depannya dia berharap agar bisa terus beternak lebah. “Harapannya ingin terus beternak lebah dan mendapatkan keberkahan dari ternak lebah ini,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...