Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peringati Hari Jadi, Pramuka Saka Wanabakti Grobogan Bagikan Paket Sembako

MURIANEWS, Grobogan – Anggota Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan melakukan aksi sosial berupa pembagian paket sembako, Sabtu (19/12/2020). Paket sembako ini diberikan pada belasan tenaga kerja persemaianPerhutani KPH Purwodadi di petak 66 RPH Sinawah, BKPH Jatipohon yang masuk wilayah Desa Kronggen, Kecamatan Brati.

Bantuan paket sembako diserahkan oleh Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan Bagas Avianto dan Camat Brati Joko Supriyanto selaku Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Kwarran Brati.

Bagas Avianto mengungkapkan, kegiatan ini dilangsungkan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Saka Wanabakti yang jatuh pada tanggal 19 Desember. “Untuk tahun ini merupakan peringatan HUT Saka Wanabakti yang ke-37,” katanya.

Bagas menjelaskan, bakti sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT dan keinginan untuk berbagi dengan sesama, khususnya para tenaga kerja persemaian.

Di mana, mereka ini merupakan garda terdepan dalam menghijaukan hutan. Selain itu, kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian di masa pandemi Covid-19.

Selain kegiatan bakti sosial, peringatan HUT ke-37 Saka Wanabakti ini juga dirangkai dengan donor darah serta penanaman pohon di Kawasan Perlindungan Mata Air Sendang Guo Sinawah.

Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan bersama Muspika Kecamatan Brati, Lembaga Masyarakat Desa Hutan di sekitar kawasan dan pengelola wisata Sendang Guo Sinawah.

“Sebanyak 131 bibit tanaman buah dan tanaman kayu yang kita tanam tadi. Antara lain, ada tanaman mangga, salam, alpukat, trembesi, dan kluwih. Yang membanggakan, bibit yang ditanam ini sebagian besar berasal dari usaha persemaian mandiri yang dibuat oleh anggota Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan,” sambungnya.

Bagas menambahkan, Pramuka Saka Wanabakti selaras dengan tujuan berdirinya adalah sebagai kader pelestari hutan dan lingkungan. Dengan demikian, semua anggota Saka Wanabakti wajib ikut serta menjaga hutan dan ketahanan air yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...