Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

SMP 1 Kudus Pilih Bagikan Rapor Siswa Melalui WA, Ini Sebabnya

MURIANEWS, Kudus – SMP 1 Kudus membagikan laporan hasil belajar semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 melalui WhatsApp (WA) auto reply secara bertahap Sabtu (19/12/2020). Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah berbagai kendala teknis saat rapor dibagikan.

Tim IT SMP 1 Kudus Andy Prasetyo mengatakan, teknis pembagaiannya dibagi tiga. Untuk kelas tujuh mulai pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB, kelas delapan 09.30 WIB sampai 10.30 WIB. Dan kelas sembilan 11.00 WIB sampai 12.30 WIB.

“Jadi memang kami pisah dan beri waktu selang 30 menit. Untuk mengantisipasi adanya kendala teknis ataupun siswa yang terkadang belum paham mengenai penulisan NISN untuk mendapatkan auto reply link download rapor melalui WA,” katanya.

Ia menjelaskan, pembagiannya sendiri, siswa mengirimkan nomor NISN masingmasing melalui kontak WA yang sudah ditentukan. Kemudian mendapatkan balasan berupa link yang bisa digunakan untuk mendownload rapor.

“Jadi link sudah tersedia bisa langsung mendownload rapor tiap siswa yang berformat PDF. Setelah jam 14.00 WIB, kami juga beri kelonggaran bagi orang tua wali ataupun siswa yang terkendala mengambil rapor sesuai jam yang telah ditentukan,” ucapnya.

Sementara Kepala SMP 1 Kudus Ahadi Setiawan mengatakan selain pembagian rapor, dalam pesan di dalam WA pihaknya juga menyertakan imbauan bagi siswa untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan disiplin protokol kesehatan selama liburan berlangsung.

“Kami juga mengimbau agar tidak melakukan perjalanan wisata ke luar kota saat kondisi pandemi ini. Orang tua bisa memantau dan mengawasi  putra-putrinya selama di rumah,” ungkapnya.

Sistem pembagian rapor secara daring ini, lanjut Ahadi, mengikuti petunjuk dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus yang belum memperbolehkan menghadirkan para orang tua wali untuk datang kesekolahan menerima hasil belajar siswa.

“Orang tua wali memahami kondisi ini, terlebih pembagian rapor daring ini memiliki tujuan yang sangat baik,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...