Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Libur Akhir Tahun, Tempat Wisata di Kudus Dipastikan Telah Terapkan Prokes

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memastikan objek wisata di Kabupaten Kudus telah menerapkan protokol kesehatan menjelang libur akhir tahun.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam rangka memutus penyebaran virus corona di Kota Kretek Terkhusus di objek-objek wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Bergas Catur Sasi Penanggungan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengawasan terhadap banyak tempat wisata.

Hasilnya kata dia, sebagian besar para pelaku wisata telah menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari poster imbauan, hingga penyiapan sarana cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh.

“Kami lihat sudah banyak pula yang menyiapkan petugas untuk patroli dan mengecek suhu tubuh di kawasan objek wisata mereka,” kata Bergas Sabtu (19/12/2020).

Selain itu, sambungnya, para pengelola tempatwisata juga telah menerima pelatihan dan bimbingan teknis penerapan standar protokol kesehatan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Diharapkan memang bisa semakin termotivasi untuk menerapkan protokol kesehatan demi membangkitkan kembali sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara Humas Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3K) Deni Nur Hakim pun memastikan pihak yayasan tak akan kendor  dalam menerapkan 3M menjelang libur akhir tahun.

Protokol kesehatan yang ada di Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus sendiri adalah mewajibkan para peziarah memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak ketika berada di kerumunan. “Tentu, kami menerapkan 3M dengan tegas di sini,” lanjut dia.

Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, pihak yayasan juga telah melepas semua karpet sajadah yang ada di Masjid Menara Kudus. Serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala.

“Kami juga menyediakan banyak tempat cuci tangan bagi mereka yang akan masuk ke masjid atau makam,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...